100 Calon Jamaah Haji Sbt Resmi Dilepas

SBT,N25NEWS.COM – sebanyak 100 orang calon jamaah haji  SBT Tahun 1439 H/2018 dilepas secara resmi  pada Jumat (20/7), oleh Wakil Bupati SBT   Fachri Husni Alkatiri di Gedung Serbaguna Kota Bula.

Calon jamaah haji tersebut diberangkatkan ke Kota Amban dalam dua kelompok terbang (Kloter), masing-masing kloter terdiri dari 46 orang.  Pemberangkatan dilakukan pada, Sabtu (21/7) dan dua orang calon jamaah haji akan diberangkatkan pada minggu (22/7). Sementara 6 orang calon jamaah haji telah lebih dulu berada di Kota Ambon.

Sebelum melepas secara resmi para calon jamaah haji, wakil bupati kabupaten SBT, Fachri Husni Alkatiri mengingatkan pada calon jamaah haji agar fokus untuk melaksanakan rukun, wajib dan sunah haji.

“bagi para calon Haji dan Hajjah, kalian dituntut untuk mengurangi kegiatan-kegiatan lain yang tidak termasuk dalam rukun, wajib bahkan sunnah haji,  dan kalian juga harus tetap menjaga kesehatan agar dapat melaksanakan semua rukun, wajib bahkan sunnah haji agar tercapai haji yang mabrur”  ungkap Fachri kepada para calon jamaah haji.

Lanjutnya, disadari sungguh bahwa pelayanan ibadah haji merupakan bagian tak terpisahkan dari penyelenggaraan pembangunan di bidang Agama, maka pemerintah telah mengalokasikan subsidi anggaran untuk membiayai beberapa komponen kegiatan, diantaranya biaya embarkasi, biaya pemeriksaan haji, biaya petugas pendamping jamaah ke kota Ambon sampai di Embarkasi Makassar, biaya transportasi jamaah haji Bula  – Ambon pergi dan pulang, dan biaya penginapan jamaah di asrama haji provinsi Maluku.

Wakil Bupati SBT juga memberikan apresiasi kepada dunia perbankan karena telah mempermudah para calon jamaah haji dengan pelayanan online. Selain itu pemerintah daerah berkomitmen untuk secara terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan ibadah haji, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.

“secara kuantitatif, pemerintah daerah akan terus memperjuangkan tambahan kuota haji, sehingga pada tahun-tahun berikutnya ada penambahan kuota yang normal. “ Sesuai rumus kuota haji satu banding seribu jumlah penduduk muslim,” ucap orang nomor dua lingkup Pemerintah Daerah Seram Bagian Timur ini.

Sedang secara kuantitatif pemerintah daerah akan berupaya mereposisi serta  memperbaiki infrastruktur pendukung lainnya guna memberikan kemudahan pengamanan dan kenyamanan bagi  masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji. Untuk mencapai target tersebut, perlu dilakukan koordinasi antara pemerintah daerah dengan kantor Kementerian Agama kabupaten SBT.

Pada kesempatan tersebut, Alkatiri juga mengingatkan para calon jamaah haji tentang sejumlah hal mengenai pelaksanaan  ibadah haji serta  para calon jamaah haji agar  terus menjaga hubungan kebersamaan baik sesama jamaah haji SBT maupun jamaah haji dari daerah lain.

“Saya, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Timur, dengan ini resmi melepaskan rombongan calon jamaah haji kabupaten Seram Bagian Timur tahun 2018 dengan iringan do’a, semoga saudara-saudara semua dapat memperoleh haji yang Mabrur,” Tutup Alkatiri. (SR)

Check Also

Wabup Lepas Kontingen MTQ SBT Ke Ajang MTQ Ke-28 Tingkat Provinsi Maluku

SBT,N25NEWS.COM – Wakil Bupati Seram Bagian Timur Fachri Husni Alkatiri, Lc., M.Si melepas dengan Resmi …