120 ASN Ikut Diklat Peningkatan Kualitas Guru Agama

AMBON,N25NEWS.COM -Kualitas guru sampai saat ini tetap menjadi persoalan yang penting dan menjadi persoalan yang krusial, maka lewat pendidikan dan pelatihan (diklat) yang dilaksanakan BDK Ambon kualitas guru khususnya guru agama dapat ditingkatkan.

Diklat meliputi teknis subtantif guru Pendidika Agama Islam (PAI) tingkat SD dan guru PA Katolik SMP juga termasuk diklat penyusunan bahan ajaran dan pengelolaan penilaian pembelajaran.
Pelatihan tersebut dibuka Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Utara Kakanwil Malut Sarbin Sehe S.Ag, M.Pd berlangsung di aula BDK Ambon, Selasa(16/7) dengan melibatkan 120 ASN jajaran Kemenag Maluku dan Malut.

Tujuan untuk pengembangan kompetensi ASN dan pengembangan kapasitas katrampilan serta membangun sikap dan prilaku ASN lingkup Kemenag.
Kepala BDK Ambon Abdul Kahar dalam arahan singkatnya menjelaskan, diklat tersebut dalam proses pelaksanaanya melibatkan tiga tungku dengan satu sasaran tema”Menegukan Diklat Pretisius Dengan pencapaian Akreditasi Nasional.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Malut dalam pernyataanya didepan peserta mengatakan, dalam konteks ini dapat dianalogikan, meskipun seseorang sudah menempuh pendidikan keguruan baik itu program diploma atau S1, namun setelah terjun di dalam kelas tidak menunjukkan performance yang cukup memadai. Secara materi ia mampu menguasai, namun tidak cukup terampil untuk menyampaikan materi dengan jelas, menarik sehingga mudah dimengerti oleh peserta didik.

Baca juga :   Gubernur Maluku Sampaikan Empat Pesan Saat Membuka Festival Seni Qasidah

Oleh karena itu seorang guru harus mempunyai persiapan yang cukup baik secara penguasaan materi maupun bagaimana cara penyampainnya kepada peserta didik.

Dengan penuh semangat orang nomor satu dijajaran Kemenag Malut juga memberikan motivasi kepada peserta Diklat tersebut. “Guru harus mulai waspada dengan perkembangan zaman dan teknologi. Hal ini sangat berpengaruh terhadap karakter murid,” paparnya.

Untuk itu guru harus mewaspadai pergaulan murid-muridnya di sekolah. Guru harus senantiasa ikhlas mengabdi dan mendidik muridnya.

Sehe juga menambahkan bahwa dalam arah birokrasi, guru perlu mematangkan profesionalitas dan kompetensi serta etika dan moral. “Kemenag akan terus melakukan penataan pegawai dan juga guru. Disitu akan kami lihat mana yang berkualitas dan mana tidak,” tambah tambahnya.

Reporter : Gali M

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Kaisupy Kukuhkan Badan Pengurus KKG dan MGMP Agama Katolik Ambon

  AMBON,N25NEWS.com -Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakamenag) Kota Ambon Drs Zein Firdaus Kaisupy mengukuhkan badan …

×

N25NEWS.com