Breaking News

15.000 Lahan Tebu Akan Digeser Untuk Pembangunan Fasilitasi Blok Masela

AMBON,N25NEWS.COM – Terkait dengan pembangunan fasilitas Blok Masela,yang dengan skema pembangunan di darat (onshore) dengan lapangan abadi Blok Masela,maka lokasi yang paling mungkin adalah menggeser 15.000 lahan perkebunan tebu milik masyarakat setempat.Maka demikian Dinas PUPR akan melihat dari sisi tata ruang untuk peruntuhkan pengoperasian Blok Masela di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku,Ismail Usemahu kepada awak media saat ditemui dirinya di Kantor Gubernur Maluku,rabu (6/02/2019).

Lebih lanjut Usemahu mengatakan bahwa,”Dalam rapat dengan Tim dari tata ruang,BPN,SKK Migas dan Pemerintah Kabupaten setempat,maka sudah pasti kita melihat dari sisi tata ruang,dimana pada lokasi pengelolaan migas Blok Masela,disitu juga ada ijin untuk lahan tebu,jadi nanti kta akan melihat hal ini yang bagaimana bisa mengakomodir baik Blok Masela maupun perkebunan tebu,”kata Usemahu.

Dengan demikian sudah barang tentu akan dikelola secara baik maka otomatis akan ada spes (bapperson) untuk itu.Maka sementara ini dari Dinas PUPR Provinsi Maluku akan melakukan revisi tata ruang dan hal ini sudah harus dilakukan karena sudah masa 5 tahun dari Perda Tata Ruang Provinsi Maluluh.

Baca juga :   Gubernur Minta Untuk Rumah Sakit Di Maluku Harus Ada Ambulance Laut

“Terkait dengan pertemuan kemarin di Saumlaki itu,saya kira kita telah lakukan upaya-upaya percepatan untuk pelaksanaan kegiatan Blok Masela.Jadi kami fari Dinas PUPR akan melihat hal dimaksud dari sisi tata ruangnya saja,sementara dari Dinas Perikanan dan Kelautan kan juga akan melihat dari sisi tata ruang untuk peaisir dan pulau-pulau kecil,”jelas Usemahu.

Sementara itu ada kurang lebih 15.000 hektar lahan tebu dipersiapkan untuk Blok Masela dengam tetap mengedepànkan koordinasi yang tetap jalan.”Ini kan proyek strategia nasional jadi kita harus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten setempat,dengan Pemerintah Provinsi dan dengan Pemerintah Pusat untuk percepatan proyek strategis nasional ini,”tandas Usemahu.

Penulis : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Gubernur : Tingkatkan Kepekaan Sosial dan Kerja Keras

AMBON,N25NEWS.COM- Gubernur Maluku. Irjen. Pol. Drs. Murad Ismail mengingatkan para pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi …