Breaking News

16 Tahun Menanti,Akhirnya Gedung Baru BPN Diresmikan

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-Masa penantian yang cukup lama,kurang lebih 16 tahun akhirnya telah tersedia gedung baru BPN yang representatif yang mana gedung ini sebagai tempat beraktifitas untuk melayani masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Hal ini dikatakan Lukas Souhuwat Kepala BPN Kepulauan Tanimbar dalam sambutannya pada Acara Peresmian Gedung Kantor BPN Saumlaki,senin (18/02/2019).

Lebih lanjut Souhuwat mengatakan,”Kantor BPN ini telah mencatat sejarah baru,yang mana dalam perjalanannya yang berliku-liku dan pada akhirnya penantian yang panjang kurang lebih 16 tahun,akhirnya Kabupaten Kepulauan Tanimbar memiliki aset gedung yang permanen,”kata Souhuwat.

Gedung BPN yang baru tersebut,diresmikan oleh Dirjen Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Penguasaan Tanah,Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertahanan Nasional RI,yang berlokasi di desa Olilit dan dibangun diatas tanah seluas 3000 m2 dengan sertifikat hak pakai atas nama Pemerintah RI serta memiliki dana pembangunannya yang berumber dari DIPA Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Secara definitif,BPN Kabupaten Kepulauan Tanimbar dibentuk sejak tahun 2002 hasil pemekaran dari Kabupaten Maluku Tenggara,tetapi pada Januari 2007 terjadi kebakaran Kantor BPN mengakibatkan beberapa warkah tercecer dan musnah terbakar.Selanjutnya pada tahun 2008 melalui Kementerian ATR-BPN pada saat itu Badan Pertanahan Nasional (BPN) mengalokasikan dana untuk pembangunan gedung yang baru.

“Tapi ketika itu gedung tersebut tidak digunakan,karena lokasi yang cukup jauh dari pusat kota dan dari akses masyarakat,pada tahun 2009-2013 BPN menyewa bangunan dari masyarakat untuk dijadikan kantor,selanjutnya dari tahun 2014-2019 oleh Pemda Kepulauan Tanimbar memberikan salah satu bangunan dengan status pinjam pakai untuk digunakan sebagai kantor,”Souhuwat.

Pembangunan Gedung Kantor BPN tersebut dari tanah hibah Pemda Kabupaten Kepulauan Tanimbar dengan anggaran yang bersumber dari DIPA BPN Saumlaki tahun 2018 sebesar 2 milyat dengan luas bangunan 640 m2 dan lama pekerjaan 140 kalender 20 Juli-6 Desember 2018.Semoga diresmikannya kantor ini,kami semakin dipacu untuk lebih semangat dalam melayani masyarakat,”harap Souhuwat.

Pada kesempatan yang sama Dirjen Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Pwnguasaan Tanah Kementerian ATR-BPN Budi Situmorang yang mewakili Menteri meresmikan kantor tersebut mengatakan permohonan maaf karena Menteri ATR-BPN tidak sempat hadir karena dalam waktu yang bersamaan sedang melaksanakan agenda penting lainya di Jakarta dan Balikpapan.

Untuk itu menyampaikan apresiasi kinerja seluruh jajaran Kementerian dari level yang paling bawah terutama di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.Maka nanti kedepan bisa jasi pelopor inovasi pelayanan,kita juga harus menjadi institusi untuk pelayanan pertanahan dan tata ruang yang berstandar dunia,serta sertifikat tanah 2019 sudah harua berupa digital dan harus memiliki inovasi-inovasi,”tandas Situmorang.

Editor : Redaksi

Sumber : Diankominfo Kepulauan Tanimbar

About admin

Check Also

Warga Desa Lermatan dan Desa Latdalam Nyaris Bentrok.

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-Pemukulan terjadi terhadap salah satu warga desa Latdalam YM ( 45) adalah seorang nelayan yang …