Home / Agama / 172 CjH Maluku Terakhir Bertolak Munuju Madina
KABAG TU KANWIL KEMENAG MALUKU JAMALUDIN BUGIS DIBERIKAN PENGHARGAAN MENYERAGKAN BENDARA MERAH PUTIH KEPADA KETUA KLOTER 12, DALAM ACARA PELEPASAN CJH KLOTER 12 DI AULA KEBERANGKATAN ASRAMA HAJI SUDIYAN MAKASAR

172 CjH Maluku Terakhir Bertolak Munuju Madina

MAKASAR,N25NEWS.COM – Sebanyak 172 Calon Jemaah Haji (CJH) Maluku yang tergabung dalam kelompok penerbangan (kloter) 12, sekaligus merupakan jemaah terakhir Maluku yang bertolak menuju Bandara internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz Kota Madina.

Sementara CJH yang tergabung dalam kloter 10 dan 11 embarkasi Makasar telah tiba sebelumnya di Bandara internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz Kota Madina, pada tanggal 24/25 Juli kemarin dengan selamat Namun hanya masih tertinggal empat jemaah lainnya yang menunggu pemulihan kesehatan.

Keberangkatan 172 CJH Maluku yang tergabung dalam kloter 12 gabungan dari Kabupaten Selayar dan Pare-Pare, ini berlangsung di aula pelepasan asrama haji Sudiyan Makasar yang ditandai dengan penyerahan bendera merah putih oleh Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis kepada ketua kloter 12.

Dimana 172  CJH Maluku merupakan jemaah asal Kabupaten Buru yang berangkat dari Bandara internasional Hasanudin Makasar sekitar pukul 10.00 WITA dengan menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airlines (GIA) langsung menuju bandara internasional Madina.

Keberangkatan juga diawali dengan penyerahan uang saku sebesar 500 rial dari PPIH embarkasi Makasar kepada seluruh CJH kloter 12.

Selain mendapat arahan dari pihak PPIH, pemeriksaan juga dilakukan oleh pihak Garuda terhadap barang-barang bawaan jemaah.

Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis yang dikonfrimasi soal pelepasan kloter 12 menjelaskan, bahwa subtansi dari penyerahan bendera kloter, itu merupakan amanah dan tanggungjawab negara kepada petugas kloter dan seluruh petugas haji termasuk seluruh jemaah kloter untuk tetap menjaga citra dan wibawa nama Indonesia dimata dunia yang secara bersama- menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah.

Bahkan Ia pun berharapjemaah tetap selalu menjaga kesehatan selama berada di Arab Saudi, mengingat suhu panas Arab Saudi dengan Indonesia sangat jauh berbeda.

Jemaah juga diminta agar selalu kompak dan tetap saling membantu sama dengan yang lain serta selalu mendengar apa yang disampaikan ketua kloter maupun petugas haji lainnya.

Usai penyerhan bendera kloter, jemaah diarahkan menuju mobil bis yang telah disediakan PPIH Maluku menuju bandara Internasional Hasanudin Makasar.

Oleh : Gali Markalin

About admin

Check Also

Pendam XVI/Pattimura Silaturahmi Dengan Insan Media

AMBON,N25NEWS.COM – Penerangan Kodam XVI/Pattimura menggelar kegiatan Komunikasi Sosial atau silaturahmi dengan insan media baik …