Breaking News

Rakerda LPTQ 2019 Tetapkan Kep Tanimbar Tuan Rumah MTQ XXIX

NAMLEA,N25NEWS.COM-Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawah Qur’an (LPTQ) tingkat Provinsi Maluku yang berlangsung sehari akhirnya menetapkan Kota Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabawah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIX Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2021 dua tahun mendatang.

Rakerda yang berlangsung di pantai Jikumerasa, Sabtu kemarin melibatkan seluruh LPTQ di 11 kabupaten/kota, dibuka Sekda Maluku Hamin Bin Taher.
Dari informasi yang berhasil dihimpun dilokasi Rakerda LPTQ tingkat provinsi, sebelumnya terdapat dua Kabupaten yang berpotensi menjadi tuan rumah MTQ ke-XXIX tingkat Provinsi tidak termasuk Kepulauan Tanimbar, yaitu Kabupaten Maluku Tengah dan Maluku Barat Daya.

Namun berdasarkan kesepakatan bersama, Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang terpilih sebagai tuan rumah pergelaran MTQ ke-XXIX tingkat Provinsi Maluku Tahun 2021.

Sebelumnya, Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Maluku, Hamin bin Thahir mengatakan, tujuan Rakerda LPTQ untuk mengevaluasi pelaksanaan MTQ yang sedang berjalan, merumuskan program-program strategis dan forum penetapan kebijakan strategis, salah satunya adalah penetapan tuan rumah pelaksanaan MTQ berikutnya.

Baca juga :   Ketua KNPI Maluku Minta Anggota DPRD Maluku Yang Baru,Bisa Baku Kele Bangun Maluku

Dimana menurut Gubernur, Rakerda LPTQ merupakan momentum yang baik untuk mengevaluasi ulang secara keseluruhan posisi organisasi, dengan memperhatikan keberhasilan dan kekurangan dalam pelaksanaan program kerja yang dilaksanakan selama ini.

“Saya harap LPTQ dapat melakukan penataan organisasi dan merumuskan langkah-langkah strategis serta program kerja yang bisa dilaksanakan dalam rangka memperkuat dinamika organisasi LPTQ di masa mendatang,”harap Gubernur.

Dalam perkembangan ke depan, lanjut gubernur, fungsi dan peranan aktual yang diharapkan dari keberadaan LPTQ tidak hanya sekedar memperkuat dan melestarikan apa yang telah ada. Tetapi LPTQ harus mampu melahirkan gagasan-gagasan dan langkah-langkah baru yang signifikan untuk membina dan memajukan berbagai aspek yang terkait dengan per-MTQ-an, seperti sistem dan metode penilaian, kaderisasi hakim, dan sebagainya.

Di samping itu, dalam tataran kemasyarakatan, LPTQ memiliki fungsi dan peran yang penting untuk turut menumbuhkembangkan pendidikan Al-Quran di tengah masyarakat.

Reporter : Rohim

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Gebernur Maluku,Pemerintah Targetkan Tahun 2025 Sampah Plastik Berkurang 75 Persen

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku,Irjen Pol.Drs.Murad Ismail mengatakan pemerintah melalui Dirjen Perhubungan Laut telah menargetkan di tahun 2025 …