19 Madrasah Swasta Dapat Bantuan Sarpas

AMBON,N25NEWS.com -Kementerian Agama (Kemenag) terus mendorong peningkatkan sarana prasarana (Sarpas) madrasah. Salah satunya dengan memberikan bantuan kepada 19 madrasah Swasta di Maluku tingkat MI, MTs dan MA.

Bantuan sebesar Rp 35 juta untuk masing-masing madrasah, melalui anggaran Subdit Sarpras Kemenag RI tahun 2019 yang diperuntukan bagi pengadaan mobiler madrasah. satu dari 19 mendrasah yang mendapat bantuan khusus MA Nurul Jadid Tetoat anggarannya diperuntukan untuk Ruang Kelas Baru (RKB).

“Yah, ini kan bantuannya ada 19 madrasah swasta yang bantunnya dari Subdit Sarpas Kemenag RI, untuk mobulier yang setiap madrasah mendapat Rp 35 juta,”ungkap Kabid Penmad Kanwil Kemenag Maluku Yaser Rumadau, pada koran ini di Ambon, Kamis(21/11).

Dijelaskan, dari 19 madrasah swasta yang mendapat bantuan, hanya MA Nurul Jadid Tetoat di Kecamatan Lenggia Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) yang anggarannya dikelola untuk rehab RKB.

Ia berharap lewat bantuan tersebut, dapat diperuntukan sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) yang ditetapkan sesuai dengan besar bantuan yang diberikan untuk setiap madrasah, meskipun nantinya ada pemotongan untuk PPN dan PPH sesuai ketentuan persen yang diatur perpajakan lewat NPWP masing-masing madrasah.

Dari 19 madrasah penerima bantua Rumadau juga berharap agar bantuan yang sama juga nantinya akan diberikan kesempatan yang sama juga kepada madrasah yang belum mendapat giliar bantuan mobiler.

“Insyah Allah kami juga akan mengusulkan, ditahun berikutnya sehingga kedepan bisa mendapat bantuan yang sama, bagi madrasah yang masih memiliki kekurangan mobiler,”ujarnya.

Ditanya soal berapa banyak madrasah yang mengusulkan bantuan mobiler lanjut Rumadau, bahwa terhitung tahun 2015 hingga tahun 2019 total nilai nominal jumlah secara keseluruhan sebesar kurang lebih Rp 51 miliar, untuk beberapa item permintaan antara lain, rehab RKB, Sarpas, laboratorium, perpustakaan, pagar dan server, termasuk hal lain yang menyangkut dengan kebutuhan pendidikan.

“Jadi yang dibantu ini, khusus untuk madrasah swasta,”cetusnya.

Reporter : Gali M

Editor : Redaksi

Check Also

Sambut Tahun Baru Islam,Gubernur Maluku Ajak Berhijrah Ke Arah Lebih Baik

AMBON,N25NEWS.com-Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah,Gubernur Maluku Murad Ismail,mengajak masyarakat untuk berhijrah ke …