Breaking News

2 Ruas Jalan Di Kota Ambon Akan Diperbaiki

AMBON,N25NEWS.COM – Untuk Tahun ini ada dua (2) ruas jalan yang akan perbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon, yakni Jalan di kawasan Ongkoliong dan jalan pada Jembatan Mardika Ambon, Demikian pernyataan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Bina Marga PUPR Kota Ambon, Yeri Matulessy kepada wartawan n25news.com di Ambon, Rabu (20/3/2019).

Menurutnya, untuk jalan di kawasan ongkoliong akan diperbaiki hingga ke terminal, tetapi jalan di dalam terminal akan ditunda hingga ada pengosongan lahan oleh masyarakat yang tinggal di ruko yang ada.

Lanjutnya, sedangkan untuk jalan di pada Jembatan Mardika akan diperbaiki mulai dari depan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku sampai dengan Jembatan Mardika. “Difokuskan itu bukan didalam terminal, dari terminal tembus jembatan diongkoliong, itu yang katong tangani untuk tahun 2019 dan dari depan Dinas PU Provinsi sampai dengan Jembatan Mardika,” jelasnya.

Matulessy mengatakan, untuk masalah pengosongan lahan bukan menjadi kewenangan dari Dinasnya tetapi dari instansi terkait yakni, Satpol PP dan Dinas perhubungan. Dan pihaknya sudah pernah melakukan koordinasi dengan instansi tersebut dan juga Raja batumerah.

“Kami sudah pernah lakukan koordinasi, tetapi itu bukan kewenangan kita. dulu itu kita PU pernah dikerjar pakai parang oleh masyarakat, jadi sebenarnya harus berkoordinasi antara raja batu merah pol pp sama perhubungan yang kewenangannya ada disitu,” pungkas Matulessy.

Sehingga, pihaknya hanya dapat melakukan perbaikan pada jalan di Kawasan Ongkoliong saja. “Tapi untuk tahun 2019 ini kita ambil jalur yang untuk diperbaiki itu untuk jalur mobil masuk yang dibelakang, Tapi kalau untuk dalam terminal itu yang menghambat, kami siap kerja apabila semuanya itu sudah keluar karena hal tersebut merupakan kendala bagi kami, tapi untuk tahun ini kami tetap ada
kerja dalam terminal ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dana untuk perbaikan kedua jalan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD sebesar Rp. 1 Miliar. “Dana untuk perbaikan dua jalan tersebut itu sebesar kurang lebih 1 Miliar, berasal dari DAK dan APBD, jadi ada dua sumber dana DAK itu untuk jalan yang di PU Provinsi turun ke bawah sampai jembatan mardika, sementara APBD itu yang dari ongkoliong masuk ke terminal,” tambahnya.

Pengerjaan perbaikan, Lanjutnya, akan segera dilaksanakan mengingat pada bulan April akan memasuki tahap perencanaan dan setelahmya pihaknya akan mulai mengerjakan perbaikan jalan tersebut.

“Untuk sekarang kami masih dalam tahap perencanaan karena perencaan itu kami mulai bekerja 1 April 2019 sampai Juni atau Juli, itu pekerjaan dalam fisiknya,” tutupnya.

Reporter : Mendy S

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Peringatan HKG-PKK 2019 Provinsi Sumbar Berlangsung Meriah

PADANG,N25NEWS.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat menjadi tuan rumah Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan …