2019 Dinas ESDM Proritaskan Program Maluku Terang

AMBON,N25NEWS.COM-Program Maluku Terang adalah program proritas dari Dinas ESDM (Energi Sumber Daya Mineral) Maluku,yang mana melalui dana APBN maupun APBD Provinsi dalam rangka pelayanan Listrik dan Tenaga Surya Hemat Energi diseluruh desa yang masih gelap gulita.

Hal tersebut dikatakan Martha Magdalena Nanlohy Kepala Dinas ESDM Provinsi Maluku,pada konfrensi pers di Kantor ESDM Provinsi Maluku,kamis (19/7/2018).

Lebih lanjut Nanlohy mengatakan bahwa,”kita punya target 2019 seluruh desa di Maluku sudah terlayani listrik,dan kita sudah dapat dana APBN untuk 10.000 unit rumah listrik,”kata Nanlohy.

Pemerntah Pusat dalam hal ini Kementrian ESDM telah menargetkan program Indonesia Terang pada tahun 2020.Target tersebut  dinilai sangat  realistis sebab mengingat sejak Negara ini merdeka masih banyak sekali desa-desa yang belum menikmati adanya penerangan listirk.

“Kami juga telah menganggarkan 40 Milyar diperuntukan bagi bagi Penerangan Jalan Umum (PJU) dan lampu Tenaga Surya Hemat Energi,disamping itu juga kita akan membantu Rumah Tangga Sasaran,”jelas Nanlohy lagi.

Rumah tangga sasaran dalam artian bahwa rumah tangga miskin yang listrik sudah melewati desanya tetapi rumanya masih gelap,karena tidak mempunyai biaya untuk pemasangan lampu listrik,untuk itu kami telah berkoordinasi dengan pihak PLN,untuk biayanya pihak ESDM akan bayar pemasangannya.

“Sebenarnya desa-desa seperti di Aru dan MTB itu listrik sudah masuk,tetapi pada rumah-rumah warga belum,jadi listrik di sana seperti barang langka,”ungkapnya.

Untuk itu target November 2019 tidak ada lagi desa-desa di Maluku ini yang tidak berlistrik,semua harus berlistrik,”saya sangat optimis Program Indonesia Terang,Maluku yang pertama dari 34 Provinsi yang berhasil menerangi 1.349 desa di Provinsi Maluku,”tandas Nanlohy.

oleh : Aris Wuarbanaran

Check Also

Rusdy Ambon Buka Buku Raport PD Pancakarya

AMBON,N25NEWS.com-Setelah hampir satu tahun mengendalikan Perusahaan Daerah (PD) Pancakarya dan menyelesaikan sebagian hutang perusahaan.Direktur Utama …