2019,Sudah Amankah Pangan Jajanan Anak Sekolah (Pjas) Yang Dikonsumsi Anak Anak Kita?

AMBON,N25NEWS.COM – Berdasarkan hasil pengawasan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) tahun 2018 dan hasil uji laboratorium disimpulkan bahwa masih perlu adanya langkah intervensi terhadap penjualan PJAS terutama dari segi higienis dan sanitasi. Untuk melindungi anak sekolah khususnya SD dalam mengkonsumsi pangan jajanan yang aman, sehat dan bergizi, BPOM kembali melakukan sampling dan uji PJAS dan di mulai dari Kota Ambon.

Pengambilan contoh uji makanan (sampling) dilakukan pada hari Selasa 15 Januari 2019 di 6 Lokasi SD di Kota Ambon, yaitu di SDK Nania, SD Inpres 28, SDN 3 Rumah Tiga, SDN Poka, SDN Waiheru dan SD Tawiri. Dari 6 lokasi tersebut didapatkan 16 sampel yang diperoleh dari pedagang makanan di sekitar areal SD atau di kantin sekolah dengan jenis: sirup, bakso, cilok, es batu dan gorengan.

Sampel diuji di laboratorium dengan Parameter kimia meliputi bahan berbahaya yang dilarang seperti: rhodamin, formalin, boraks dan metanil yellow serta parameter pemanis dan pengawet yang diperbolehkan tetapi kadarnya tidak boleh diatas ambang yang dipersyaratkan. Sedangkan parameter mikrobiologi berupa: Angka Lempeng Total, Angka Kapang Khamir, MPN Coliform, Staphylococcus aureus, Salmonella thyphii, Eschericia coli dan Vibrio cholera.

“Dari hasil laboratorium akan dilakukan intervensi kepada penjual. BPOM Ambon juga memiliki fasilitas Mobil Laboratorium Keliling yang dapat menjangkau lokasi sehingga pengujian dapat dilakukan di tempat. Merupakan komitmen kita bersama untuk mengawal Pangan Jajanan Anak Sekolah yang aman, sehat dan bergizi” demikian pungkas Dra. Hariani, Apt selaku Kepala BPOM di Ambon.

Kontributor: Unit Layanan Pengaduan Konsumen BPOM Ambon

Telf: 0911342742. SMS/WA: 08114800222

Editor          : Redaksi

About admin

Check Also

Dinkes Gandeng BPOM Ambon Gelar Monitoring dan Evaluasi Apotek

AMBON,N25NEWS.COM- Dinas Kesehatan Kota Ambon Gandeng Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ambon menggelar monitoring …

×

N25NEWS.com