Home / Kesehatan / 23 Persen Warga Miskin Di Maluku Belum Terkafer BPJS Kesehatan

23 Persen Warga Miskin Di Maluku Belum Terkafer BPJS Kesehatan

AMBON,N25NEWS.COM-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Ambon yang mana telah mengcover seluruh masyarakat Maluku bisa terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan dan sesuai dengan data jumlah penduduk miskin yang mana 23 persen atau 43.000 belum tercover.

Hal ini dikatakan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon,Alfiana Latumakulita kepada awak media pada media Gatherung di kafe Neo ,kamis (6/12/2018).

Lebih lanjut Latumakulita mengatakan bahwa,”Data kemiskinan penduduk Maluku dari 23 persen itu belum tercover dan bukan Cuma masyarakat miskin,tapi masyarakat menengah keatas juga belum tercover sehingga peran kita harus mengkampanyekan program ini,”kata Latumakulita.

Tambahnya,bahwa total penduduk Maluku saat ini yaitu 185.7337 jiwa dan yang  telah menjadi peserta JKN/KIS per-1 Desember itu berjumlah 142.6462 jiwa \sehingga total peserta JKN/KIS di Maluku telah mencapai 77 persen dan jadi yang belum terkafer mencapai 23 persen yaitu 40.3875.

Sekarang orang miskin sudah terkafer di APBD APBN.

“Perlu diketahui bahwa BPJS Kesehatan bukan tugasnya untuk mendaftarkan orang miskin,tetapi upaya kita untuk mendorong supaya saudara-saudara kita yang tidak mampu dan itu adalah tugas Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menanggung biaya administrasi yang dilihat dari presentase yang ditanggulangi oleh anggaran APBN,”jelas Latumakulita.

Rata-rata penduduk Maluku 60 persen itu ditanggung oleh APBN,sedangkan yang belum tercover merupakan tanggung jawab Pemda untuk mengalokasikan anggaran sesuai dengan Impres No 8 untuk mengalokasikan anggaran untuk orang tidak mampu.Sedangkan orang yang mampu akan dikatagorikan sebagai peserta mandiri.

“Itu yang diharpakan oleh kita jadi bukan saja orang mampu atau tidak mampu tapi juga manula ketas jadi intinya semua level masyatakat ini terkafer orang miskin tanggung jawab Pemda,orang mampu bayar sendiri orang yang bekerja dibayar oleh dirinya sendiri dibagi du pemberi kerj dan dirinya sendiri sesuasi proporsi jadi mekanismenya begitu,”tandas Latumakulita.

Penulis : Aris Wuarbanaran

About admin

Check Also

Programkan Kampung KB, Dinas PPAPP&KB Temui Kendala Stanting Di 10 Desa

PIRU,N25NEWS.COM – Pembentukan kampung KB untuk Kabupten Seram Bagian Barat sejak Tahun 2016 hingga saat …