3.974 Siswa MTs Ikut UNBK dan UNPK Kabag TU Simbolis Rilis Token di MTs Ambon

AMBON,N25NEWS.COM –  Secara nasional, Senin(22/4) Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs dilaksanakan diseluruh Indonesia, khusus Maluku sebanyak 3.974 siswa/siswi MTs tahun ajaran 2018/2019 yang mengikuti UN Berbasis Komputer (UNBK) dan UN Kertas Pinsil (UNKP) yang pelaksanaanya

secara simbolis dibuka Kakanwil Kemenag yang diwakili Kabag TU Kemenag Maluku Jamaludin Bugis membuka UNBK yang ditandai dengan penekanan rilis token yang dipusatkan di madrasah multi warna multi prestasi MTs Negeri Ambon Kebun Cengkeh.
Pantauan N25NEWS.COM  di MTs tersebut pelaksanaan UNBK diawali dengan upacara pembukaan yang dilanjutkan dengan pencanangan tanda peserta UN oleh Kabag TU di lapangan upacara MTs Negeri Ambon, Senin(22/4/2019).

Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag dalam laporan tertulis yang dibacakan Kepala MTs Negeri Ambon Hi Koesnadi Umar mengatakan, dari 3.974 peserta UN MTs di Maluku terdapat 102 lembaga yang menjalankan UNBK dengan jumlah siswa sebanyak 3.514. Tujuh dari lembaga melaksanakan UNBK dengan cara bergabung dengan sekolah umum.

Ketujuh lembaga tersebut antara lain, MTs Al Muhajirin Ambon yang bergabung dengan SMA Siwalima, MTs Alhillal Morela dan MTs Al Marwa Hitu yang keduanya bergabung dengan SMK Negeri 1 Leihitu, MTs Nabikulur Koliri dan MTs Nurul Hasana keduanya bergabung dengan SMA Negeri 1 Pulau Haruku, MTs Werinama bergabung dengan SMA PGRI Werinama dan MTs Alhillah Katapang bergabung dengan SMA Negeri 3 SBB.

Sementara MTs yang melaksanakan UNKP terdapat 17 lembaga dengan jumlah peserta sebanyakn 460 siswa yakni, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Maluku Tenggara Barat (MTB) yang masing-masing terdapat satu MTs, Maluku Tenggara (Malra) terdap atn tiga MTs dan Seram Bagian Barat (SBB) terdapat 12 MTs. Khusus untuk pelaksanaan di MTs Negeri Ambon terdapat 302 siswa yang mengikuti UNBK dengan harapan tingkat kelulusan bisa mencapai 100 persen di Maluku.

Baca juga :   Uluputty,Cegah Terorisme FKPT Maluku Edukasi Guru SD,SMP Se-Kota Ambon

Kakanwil dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kabag TU menyampaikan, berdasarkan peraturan BSNP nomor 0047/BSNP/XI/2018 UN bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa pada akhir jenjang pendidikan sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang telah ditetapkan secara nasional.

Dimana kutipan tersebut mengegaskan peran strategis UN dalam memeta kualitas pendidikan di madrasah termasuk di provinsi Maluku.

Oleh karena itu, untuk menjawab madrasah hebat bermartabat dalam pengelolaan pendidikan. Madrasah harus diikuti dengan 5 langkah paradigma perubahan yaitu, teknologi informasi, gaya hidup, liberalisasi perdagangan, perjanjian internasional, peraturan pemerintah sehingga siswa lulusan madrasah mampu berkompetensi pada abad 21 yakni mampu berpikir kritis, kreatif, mampu berkomunikasi dan berkolabarasi.
Dalam kesempatan itu juga Kakanwil berpesan agar seluruh peserta ujian madrasah di Malukun dapat memperhatikan hal-hal sebagai berikut antara lain, tetap optimis, tetap fokus pada naskah soal, jaga kesehatan dan banyak berdoa.

Sementara pantauan pelaksanaan UNBK yang berlangsung di MTs Negeri 1 Malteng di Negeri Tulehu Kecamatan Salahutu pelaksanaanya dibuka Kakamenag Malteng Hanafi Rumatiga yang ditandai dengan pencangan tanda peserta dan penekanan rilis token.
Dengan jumlah peserta ujian sebanyak 286 yang terbagi dalam tiga ruang yang berlangsung dalam tiga sesi yang pelaksanànya berlangsung aman dan lancar.

Reporter : Gali M

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Gubernur Maluku Sampaikan Empat Pesan Saat Membuka Festival Seni Qasidah

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku Drs. Murad Ismail menyampaikan empat pesan penting saat membuka Festival Seni Qasidah Tinggkat …

×

N25NEWS.com