367 KK Warga Tulehu Terima BLT

TULEHU,N25NEWS.com – Sebanyak 367 Kepala Keluarga (KK) warga Negeri Tulehu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang tersebar di 15 dusun menerimq Bantuan Langsung Tunai (BLT) lewat Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020.

Penyerahan BLT bagi warga miskin akibat terdampak COVID-19, bulan April, Mei dan Juni tahun 2020, namun yang baru realisasi untuk bulan Mei dengan besar anggaran DD triwulan pertama sebesar Rp 660 juta dengan rincian per KK terima sebesar Rp 600 ribu.

BLT tersebut secara simbolis diserahkan oleh Camat Salahutu, Manaf Ohorella di aula Kantor Camat Salahutu, Jumat(22/5).

Pejabat Negeri Tulehu, H.R Lestaluhu, kepada Berita Kota Ambon mengatakan, penyerahan kali ini baru sebatas untuk bulan April, selanjutnya untuk bulan Mei dan Juni baru akan diserahkan, setelah dilakukan laporan pertanggungjawaban tahap pertama.

“Itu DD nya sebesar Rp 660 juta 600 ratus rupiah yang dibagikan kepada 367 KK dan satu orang mendapat sebesar Rp 1.800.000, selama tiga bulan dan sekarang baru terealisasi bulan April dengan per KK menerima sebesar Rp 600 ribu, Insyah Allah setelah selesai pembayaran dan Katong bikin laporan pertanggungjawaban, baru selanjutnya realisasi untuk dua bulan berikutnya,”ungkap Lestaluhu.

Baca juga :   Mandala Finance Masohi Gelar Aksi Sosial Dengan Membagikan  Ratusan Paket Sembako Kepada Nasabah Di Kecamatan Amahai

Menurutnya, jumlah penerima BLT dibandingkan dengan jumlah KK di Negeri Tulehu sebenyak 12 ribu lebih,.sehingga masih terbanyak warga yang belum menerima BLT warga terdampak Covid-19.

“Kalau kita mau liat kondisi di Tulehu, dengan jumlah penerima BLT dibandingkan dengan jumlah 12 ribu lebih KK, itu sangat kurang jauh sekali, dengan 29 ribu jiwa, itu diluar yang sudah menerima PKH dan Non PKH, terlepas dari PNS dan TNI/Polri yang tidak mendapat,”akuinya.

Mengatasi kekurangan tersebut lanjut, Lestalahu, pihak pemerintah negeri akan mengusulkan nama-nama baru yang sama sekali belum menerima bantuan, lewat Kecamatan selanjutkan akan dilanjutkan ke Pemerintah Kabupaten Malteng sehingga bantuan lewat anggaran pemerintah setempat.

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Malteng, J Tomagola dari Fraksi Partai Demokrat yang keburukan hadir memantau penyerahan BLT, berjanji akan menyuarakan lewat Gugus Tugas Pemda Malteng.

Check Also

Masyarakat  Apresiasi  Langkah Pengadilan dan Kejaksaan Negeri Masohi Menyidangkan  Kasus Pasanea

AMBON,N25NEWS.com  –  Sejumlah anggota masyarakat saat di temui dan di minta keterangan  mengapresisasi langkah yang …