Home / Kota Ambon / 49 Persen Guru Di Kota Ambon Terancam Non Job
Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT Ambon), Dr. Paken Pandiangan, S. SI. M. SI,

49 Persen Guru Di Kota Ambon Terancam Non Job

AMBON,N25NEWS.COM – Saat ini, kualifikasi guru di kota Ambon masih 51 persen terpenuhi untuk Strata satu (S1). Dan data ini dikeluarkan oleh Data Pokok Pendidikan (Dapodik), yakni sistem pendataan skala nasional yang terpadu Dinas Pendidikan Kota Ambon.

Kepada N25NEWS.COM, Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT Ambon), Dr. Paken Pandiangan, S. SI. M. SI, mengaku, masih tersisa 49 persen guru yang belum memenuhi kualifikasi strata satu.

Ia berharap ada kerjasama pemerintah kota Ambon dengan pihaknya melalui Dinas Pendidikan Kota Ambon untuk dapat meningkatkan kualifikasi guru.

“Hal ini disebabkan, kesempatan untuk mendapatkan kualifikasi akan ditutup, dan para guru tersebut kedepan tidak dapat menjabat sebagai guru lagi. Dan sudah diatur dalam undang-undang Sikdiknas nomor 14 tahun 2005,” katanya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa, (18/09/2018).

Jadi, sebelum para guru berubah fungsi menjadi non guru/non job, kata dia, maka kesempatan beberapa tahun kedepan ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualifikasi.

“Untuk aturan jangka waktunya masih dipegang oleh Pemerintah Daerah sampai kapan batas pemberian kualifikasi ini. Namun, apabila pemerintah pusat sudah memutuskan untuk menghentikan aturan tersebut, maka  guru yang dibawah usia 60 tahun akan non job dijadikan tata usaha atau staf administrasi. Dan guru di usai 57 tahun yang bukan guru/honor langsung akan dipensiunkan, ” ungkapnya.

Oleh : Redaksi

About admin

Check Also

Danrem 151/Bny Berikan Jam Komandan Anggota Dan Persit

AMBON,N25NEWS.COM – Komandan Korem 151/Binaiya, Kolonel Inf. Hartono, S.I.P didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem …