Home / Kota Ambon / 70 Persen Bocornya Uang Negara Dari Pengadaan Barang Dan Jasa Oleh : Amy Latuny
Asisten II Sekertaris Kota Ambon, Robby Silooy

70 Persen Bocornya Uang Negara Dari Pengadaan Barang Dan Jasa Oleh : Amy Latuny

AMBON,N25NEWS.COM – Mewakili Walikota Ambon, Asisten II Sekertaris Kota Ambon, Robby Silooy menuturkan bahwa di sinyalir oleh KPK 70 persen kebocoran uang negara yang bersumber dari proses pengadaan barang dan jasa.

“Hal ini juga dipertegas oleh Kejaksaan agung proses pengadaan barang dan jasa mendapat peringkat kedua dalam aduan masyarakat,” katanya, Senin (14/05).

Hal ini telah diatur Sejak proses pengadaan barang dan jasa Pemerintah yang secara formal di atur pertama kali dengan Putusan Presiden Nomor 80 Tahun 2003, tentang pedoman pengadaan barang dan jasa Pemerintah. kemudian di ganti oleh peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2010 yang di terbitkan lagi Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Definisi pengadaan barang dan jasa oleh Kementerian lembaga perangkat daerah yang di biayai oleh APBN, APBD yang prosesnya di indentifikasi kebutuhan sampai dengan serah terima hasil pekerjaan,” katanya, di Ambon.

Untuk itu, Semua kegiatan belanja langsung yang ada dalam anggaran pendapatan belanja daerah di realisasikan dalam proses pengadaan barang dan jasa Pemerintah.

“Hal ini tentu berbeda dengan tanggapan banyak orang terkait proses pengadaan barang dan jasa, hanyalah proses lelang proyek semata sehingga kegiatan -kegiatan yang tidak lelang seperti pelaksanaan kontrak dan penerimaan hasil pekerjaan bukan lagi penyediaan barang dan jasa,” tuturnya.

“Oleh karena itu sangat pentingnya di gelar sosialisasi  agar supaya bisa melengkapi pemahaman yang kurang dalam hal ini sehingga bisa mendudukan masalah pada tempatnya,” tambahnya.

Menurutnya, hal ini seolah menegaskan images yang terjadi proses pengadaan barang dan jasa, sangat dekat dengan Kopurpsi dan kerawanan akan penyelenggaraan.

Sehingga, Semoga images negative ini tidak menurunkan semangat, percaya dan yakinlah apabila kita lakukan sesuatu dengan baik yang berjalan sesuai koridor yang ada, hal tersebut tidak akan menimpah kita,” ajaknya.

Baca juga :   Sidak Takjil, BPOM Ambon Tak Temui Bahan Berbahaya

Kesadaran dari semua pihak yang terkaitlah merupakan salah satu kunci agar pelaksanaan pengadaan barang dan jasa ini bersih dari Korupsi dan bisa berjalan sesuai dengan yang di harapakan, tutupnya.

About admin

Check Also

Setahun, Ini Prestasi Yang Diraih Richard-Syarif Oleh : Amy Latuny

“Melalui capaian selama setahun kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Richard Louhenapessy -Syarif Hadler setidaknya …