Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Abdul Haris

Abdul Haris,Suplai Ikan Menurun Di Pasar Akibat Perubahan Musim

AMBON,N25NEWS.com-Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Abdul Haris mengatakan, kondisi pandemik Covid-19, namun suplai ikan di pasar Ambon masih  stabil.Tetapi,sekitar awal Maret dan April,hingga perkembangan terakhir sampai bulan Mei ini ada sedikit terjadi perubahan dikarenakan adanya pancaroba musim.

“Saat ini kita sudah masuk pada musim timur sehingga ada sedikit terjadi penurunan, suplai ikan ke pasar sekitar 5 sampai 10 persen,karena nelayan enggan untuk melaut.Selain itu, pasokan ikan dari pulau Buru, Seram, Saparua dan Haruku tidak dapat dipasok ke Ambon.Hal inilah yang mengakibatkan sedikit terjadi kenaikan harga ikan,”kata Abdul Haris kepada N25NEWS.com,selasa (19/5/2020).

Dikatakannya,untuk mengantisipasi hal di atas maka,pihaknya mencoba untuk menghubungi perusahaan kapal ikan,guna memfasilitasi.Selain itu,ada edaran Menteri Kelautan dan Perikanan untuk tidak melayani permohonan cek fisik kapal dan perizinan misalnya, SIUP, SIPI dan SIKPI,tetapi dalam kondisi darurat diperbolehkan DKP memberikan rekomendasi untuk penerbitan ijin.

“Kami melakukan monitoring ke beberapa perusahan unit pengolahan ikan yang mempunyai kapal dan ternyata kapal-kapal mereka itu hanya terjadi perubahan perpanjangan untuk ijin.Jadi secara fisik kapal tidak berubah, sehingga dapat kami berikan rekomendasi perpanjangan ijin dengan gunakan cek fisik,”jelasnya.

Adapun,ikan hasil tangkapan nelayan tersebut ada sekitar 108 ton yang tersimpan di tujuh kolstor milik perusahan perikanan.

Sementara itu,terkait dengan ikan hasil budidaya,saat ini ditampung di kerambah-kerambah jaring apung milik pembudidaya-pembudidaya yang ada di Teluk Ambon bagian dalam.Selain itu,saat ini ada 15 ton ikan jenis kerapu, kakap putih dan ikan yang siap untuk dipasarkan,yang merupakan dari pembudidaya dari keramba jaring apung.

Lebih lanjut ia menandaskan,guna mengantisipasi kebutuhan ikan dibeberapa bulan kedepan itu, ada ikan-ikan yang nantinya siap dipanen sekitar 8000 ekor, dalam tiga sampai empat bulan kedepan.Guna disuplai ke pasar ikan di Ambon.

Baca juga :   Berbagi Berkat Di Bulan Ramadhan Dan Covid-19 IASM Bagi 50 Paket Sembako Untuk Alumni

Sementara itu,juga pihak DKP juga telah mendapatkan laporan dari DKP kabupaten/kota,maupun petugas cabang di 12 Gugus Pulau.Walaupun kondisi Covid-19 harga ikan di pasar masih terjangkau.Selain itu,pihak DKP juga menghimbau masyarakat untuk tetap konsumsi ikan,sebab dengan konsumsi ikan maka akan menambah imunitas tubuh selalu terjaga baik.

Sedangkan untuk kegiatan pasar murah ikan saat Idhul Fitri,Abdul Haris jelaskan,di tahun sebelumnya,ada program tersebut dari pihaknya (DKP),untuk pasar murah komunitas ikan. Jadi ikan itu  dibeli dari nelayan,dengan harga yang normal tetapi pihak DKP jual ke masyarakat dengan harga yang murah, sekitar Rp 5 sampai Rp 10 ribu per ekor ikan, baik cakalang atau ikan tuna.

 

“Tetapi dalam kondisi seperti ini masa sih kita tega untuk menjual,tidak,tetapi kita bagikan secara gratis untuk tahun ini, kira-kira H-2 atau H-3 sebelum lebaran.Sekitar dua ton ikan cakalang dan anak tuna nanti akan kami kordinasikan dengan tim Penggerak PKK karena ada program kegiatan mereka (PKK), terkait program stanting, jelasnya.

Selain itu,pihak DKP sementara upayakan 4 lokasi masyarakat,yang memang benar-benar terdampak Covid-19.Olehnya kegiatan in dapat membantu meringankan masyarakat untuk kebutuhan ikan saat lebaran dan khusus bagi masyarakat yang akan merayakan lebaran.Kegiatan tersebut nantinya akan juga akan di buat pada saat Natal dan Tahun Baru.

Untuk stok ikan kita dari sisi Perikanan tangkap itu terdapat di PT Aneka Sumber Tata Bahari ada 13 ton,PT Atfani Bintang Samudera ada 12 ton, PT Peduli Laut Maluku ada 20 ton, PT Cemerlang Laut Ambon 2 ton, PT Inti Mas Surya 40 ton, PT Arabika Industri fisi Industri  12 ton dan PT Arta Samudera 10 ton dan ada 7 unit pengolahan ikan yang siap mennyuplai,”tandas Abdul Haris.

Penulis Mohammat Nurlette

Check Also

Berbagi Berkat Di Bulan Ramadhan Dan Covid-19 IASM Bagi 50 Paket Sembako Untuk Alumni

AMBON,N25NEWS.com-Pengurus Ikatan Alumni Sekolah Lanjutan Advent Maluku (IASM) dan Nawens Production melaksanakan kegiatan berbagi kasih …