Abdullah Tuasikal, Maluku Butuh Perhatian Pemerintah Untuk Mengembangkan Potensi Lokalnya

AMBON,N25NEWS.com – Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Nasdem, Abdullah Tuasikal mengatakan, Maluku  kalau di lihat dari sisi Pertanian memiliki potensi yang luar biasa yang tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia,misalnya daerah Maluku Tengah seperti Coby dan Sety selain di samping Kabupaten Buru,SBT dan SBB dan juga Aru yang memiliki lahan yang luas.

Hal ini di sampaikannya saat mendampingi Menteri Pertanian RI Syarul  Yasin Limpo di kediamannya Tiara Sari Waehaong Ambon Sabtu 30 Meu 2020.

Menurutnya,tinggal dorongan dari Pemerintah, karena kita selama ini selalu mengimpor beras dari Makassar dan mungkin juga dari Jawa Timur, padahal sebenarnya potensi yang di Miliki provinsi Maluku cukup besar jika  dikembangkan oleh pemerintah daerah.

Selain itu kata Tuasikal, untuk produksi masyarakat berupa Cengkih dan Pala,hal ini juga memiliki potensi ytang besar. Negara Eropa menjajah Indonesiaterutama di Maluku, karena di Maluku kelebihannya hasil rempah-rempah makanya harus dikembangkan ulang dan  harus dibangun kembali.

“Untuk itu butuh perhatian Pemerintah artinya dalam rangka menanam kembali Cengkeh maupun Pala.dan hari ini Kita bersyukur bahwa Menteri Pertanian mau datang ke Maluku dan ingin melihat secara langsung tentang apa yang selalu kami sampaikan di komisi terkait dengan pertanian, perkebunan, perikanan dan  Bulog,” jelasnya.

Dirinya juga menyukai Kementeriaan Pertanian yang  pada saat rapat mengatakan bahwa moyang-moyang kita dulunya bukan makan nasi, karena nasi itu hanya sampingan yang ada hanya pangan-pangan lokal misalnya kalau di Maluku seperti sagu, umbi-umbian dan lainnya, oleh karena itu apakah kita tidak dapat kembangkannya.

Diapun bersyukur bahwa Menteri Pertanian RI berjanji akan kemabli mengunjungi Maluku dan akan membantu program-program Pertania di Maluku BAIK ITU jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

“Saya berharap Pemerintah Daerah Provinsi Maluku maupun masyarakat harus dapat menindaklanjuti niat baik bapak Menteri, karena yang saya inginkan adalah Maluku bisa jadi perhatian seperti juga daerah-daerah lainya karena kita memiliki potensi alam yang luas,”tandasnya.

Baca juga :   GerakET Salurkan Bantuan Sembako Pada Warga Terdampak Covid-19 Di Beberapa Titik Di Kota Ambon

Karena kuncinya kata Tuasikal ada pada Pemerintah Provinsi, kabupaten/kota maupun masyarakat Maluku, karena sudah waktuny kita harus bekerjasama,dan melihat mana pekerjaan Provinsi dan mana pekerjaan kabupaten/kota,Bupati,Walikota,mana pekerjaan Camat dan mana pekerjaan Raja atau Lurah-lurah, karena itu harus berjalan.

Terkait pernyataan Menteri mengenai konsep pemerintahan tegas Abdullah,Konsep Pemerintah daerah pasti punya dan sudah waktunya untuk kita fokus, artinya kita sudah harus fokus pada konsep ini,sehingga sebagaimana yang di sampaikan Menteri Pertanian RI bahwa  di Maluku itu mungkin satu atau dua bulan tiba pada musim kekeringan,sehingga pesan Meteri harus ada program untuk mengantisipasinya untuk itu butuh sinergitas semua pihak baik itu bupati,Walikota dan Gubernur sebagau komandonya.

Terkait  pernyataan Menteri tentang ribuan anakan yang diserahkan Kementerian  Pertanian,kata Abdullah Tuasikal,itu artinya kita ditantang untuk bagaiman memanfaatkannya,jadi sejauh mana kesiapan kita.untuk itu bantuan-bantuan yang akan di berikan ke masyarakat itu harus kita kawal bersama,karena jangan sampai bantuan tersebut hanya diberikan lalu dibawa ada yang ditanam dan ada yang tidak.

“Makanya saya juga sangat sepakat dengan apa yang dikatakan Menteri, bahwa dirinya kan datang  setiap bulannya dan  melihat kembali bantuan-bantuan yang di berikan dan apabila berhasil jangankan ratusan juta bahkan trilyunpun bibit untuk pertanian akan saya bantu dan itu keseriusan Kementerian Pertanian,” tegasnya.

Jadi Kata Abdullah Tuasikal Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Nasdem ini,bahwa  apa yang sudah disampaikan Menteri Pertanian tentang bagaimana Maluku ini dengan  lahan yang masih luas ini dapat di manfaatkan.

“Sehingga Wilayah-wilayah potensi yang kita miliki saat ini, dari sisi sawah tidak kalah, perkebunan juga tidak kalah dan untuk tanaman buah juga tidak kalah akan tetapi kuncinya kapan kita akan memulai, makanya kedatangan Menteri Pertanian itu untuk menantang kita dan bagaimana caranya kita menerima tantangan beliau karena kapan lagi  kita mulai kalau bukan sekarang,”tegas Abdullah Tuasikal anggota DPR RI komisi IV

Repoter :Mohammat Nurlette

Editor : Redaksi

Check Also

Peringatan HUT RI Tahun 2020,Hanya Tiga Paskibraka Yang Akan Bertugas

AMBON,N25NEWS.com- Upacara HUT ke-75 Republik Indonesia  pada 17 Agustus 2020 mendatang akan digelar secara terbatas. …