Breaking News
Viona Salakory Mahasiswa Bioteknologi UKDW Yogyakarta (Warga Kota Ambon, Mahasiswa Fakultas Bioteknologi, Universitas Kristen Duta Wacana)

Air Bersih Untuk Kehidupan Warga Kota Ambon

N25NEWS.COM – Air bersih merupakan salah satu kebutuhan vital di masyarakat. Air dibutuhkan dalam berbagai kepentingan mulai dari irigasi, pertanian, kehutanan, industri, pariwisata, air minum, dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat memanfaatkan air.

Persoalan air bersih tidak hanya terjadi di daerah-daerah pelosok di Maluku. Sejumlah wilayah di Ambon, Ibukota Provinsi Maluku ternyata masih kekurangan air bersih.

Sumber air dimanfaatkan masyarakat Kota Ambon untuk memenuhi kebutuhannya berasal diantaranya bersumber dari sumur pompa tangan atau sumur bor, sumur gali, perlingan mata air (PMA), penampungan air hujan dan perusahaan penyedia air minum yakni PDAM dan PT Dream Sukses Airindo (DSA).

Wakil Walikota Ambon, Maluku, Syarif Hadler mengatakan bahwa  Ketersediaan dan potensi air bersih di Ambon baik dari segi kualitas maupun kuantitas semakin menurun dari tahun ke tahun, hal ini disebabkan pembangunan tidak memperhatikan aspek pelestarian lingkungan, termasuk penebangan pohon secara sembarangan dan peralihan fungsi daerah resapan air menjadi kawasan pemukiman.

Data PDAM tentang pengolahan air bersih di kota Ambon pada tahun 2002 adalah bahwa perkiraan kebutuhan air bersih Kota Ambon sebesar 23.969.700 liter/hari. Dari data tersebut diketahui kapasitas sumber sebesar 132 lt/dt. Jika dianalisis lebih lanjut maka bisa dikatakan bahwa kapasitas produksinya pun tidak melebihi kapasitas sumber. Sehingga dari data tersebut bisa dikatakan pula bahwa Kota Ambon masih membutuhkan peningkatan kapasitas produksi air, karena untuk kebutuhan air bersih saja sebesar 277,43 lt/dt. Jadi masih dibutuhkan peningkatan kebutuhan air bersih yang dihasilkan sekitar 145,43 lt/dt.

Pengolahan sumber daya air yang buruk dan penyebaran air yang  tidak merata ini tentu saja akan berdampak pada daerah-daerah yang berada di Kota Ambon. Salah satunya di Dusun Bandari Desa Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon.

Baca juga :   Ketua DPD KNPI,Berharap Semua Pihak Dukung Kongres GMNI di Ambon

Untuk mendapatkan air bersih, warga harus berjalan kaki sejauh tujuh kilometer ke sumber air yang terletak di kawasan gunung  Desa Hative Besar, karena tidak ada mata air yang bisa digunakan untuk air minum.

Kepala Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Ambon, Apong Tetelepta menyebutkan bahwa “pelanggan PDAM lebih dari 70 ribu jiwa, dan pihaknya mengalami krisis air bersih sebanyak 60% dari sumber air untuk melayani masyarakat. Kurangnya akses masyarakat terhadap air minum yang layak ini akan berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat, terutama penyakit-penyakit yang berkaitan dengan air minum seperti diare, kolera, dan typus.

Ada beberapa alternatif solusi mengatasi krisis air bersih untuk meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat.

Peranan pemerintah sangat dibutuhkan dalam peningkatan penyediaan air bersih agar air bersih tersebut dapat digunakan untuk kehidupan masyarakat sehari-hari, terutama untuk mengkonsumsi air minum.

Peran pemerintah dalam penyediaan air bersih tidak hanya sebatas penyediaan air baku untuk diolah menjadi air bersih, tetapi juga pada perlindungan daerah resapan air. Dan juga kesadaran masyarakat sendiri sangat penting, karena kita yang menjalani dan kita sendiri yang mendapatkan dampaknya. Sehingga, peranan masyarakat juga sangat diperlukan untuk mengatasi krisis air yang terjadi di Kota Ambon.

Selain itu untuk pengembalian kualitas air tanah dapat dilakukan dengan pembuatan lubang biopori. Lubang ini berisikan sampah-sampah organic seperti dedaunan. Lubang ini akan mengembalikan struktur tanah dan akan membantu tanah untuk lebih mudah menyerap air hujan ke dalam tanah, sehingga dapat mengurangi resiko banjir, dan dengan adanya lubang ini maka kebutuhan masyarakat akan air tanah akan tercukupi.

 

Oleh : Viona Salakory Mahasiswa Bioteknologi UKDW Yogyakarta (warga Kota Ambon yang kuliah di  Universitas Kristen Duta Wacana)

About admin

Check Also

Lapangan Merdeka Akan Ditambah Rumput Sintetis KNPI Dan FPOM Maluku Apresiasi Langkah Gubernur

AMBON,N25NEWS.COM-Langkah Gubernur Maluku,Drs.Murad Ismail yang akan membenahi Lapangan Merdeka Ambon,dengan akan ditambahkannya rumput sintetis,mendapat apresiasi …