Alih Fungsi Lahan Untuk Pemukiman,Mengakibatkan Bencana Alam

AMBON,N25NEWS.COM – Pemanfaatan sumber daya alam di Kepulauan Maluku terus berlangsung sejalan dengan meningkatnya kegiatan pembangunan di berbagai sektor,seperti pembangunan infrastruktur sarana transportasi,kegiatan industri dan jasa perdagangan.

Hal ini disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM,Abdul Halim Daties,saat mewakili Gubernur Maluku pada Acara Desiminasi Arahan Rencana Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Hidup,Terkait Isu Bencana Lingkungan di Provinsi Maluku yang berlangsung di Lantai 6 Kantor Gubernur Maluku,selasa (18/6/2019).

Menurutnya alih fungsi dan pemanfaatan ruang di sebagian wilayah Kepulauan Maluku pun tidak dapat dihindari sejalan dengan pertumbuhan dan perluasan daerah pembangunan untuk aktifitas ekonomi masyarakat di berbagai sektor.

“Lahan yang awalnya berfungsi sebagai daerah resapan dan tangkapan air kini berubah fungsi menjadi kawasan budaya untuk aktifitas ekonomi di pemukiman masyarakat,”kata Halim Daties.

Sementara itu,akibat dari alih fungsi lahan menjadi lahan pertanian,perkebunan,pertambangan maupun pemukiman,akhirnya mengakibatkan kejadian bencana alam seperti banjir dan longsor yang tidak dapat terhindarkan.

Baca juga :   Wagub Maluku Kisahkan Napak Tilas Bung Karno Di Saumlaki,Saat Hadiri Dialog Kebangsaan.

Adapun,permasalahan lingkungan yang timbul akibat tekanan aktifitas pembangunan yang sangat pesat adalah penurunan kualitas lingkungan yang disertai oleh adanya penurunan nilai jasa lingkungan yang disediakan oleh ekosistem untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Untuk mengatasi permasalahan diatas maka perlu adanya suatu perencanaan pembangunan yang cermat dengan mempertimbangkan aspek daya dukung serta daya tampung yang berbasis pada perhitungan jasa lingkungan guna mendorong pemanfaatan ruang agar tidak melampaui batas-batas lingkungan hidup.

“Saya berharap dengan adanya Penyusunan Rencana Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Hidup yang di fokuskan pada isu bencana lingkungan (banjir dan longsor) koranya dapat menjawab isu permasalahan terkait pencegahan dan pengendalian bencana lingkungan melalui RPSDALH),tandas Halim Daties.

Reporter : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Wagub Maluku Kisahkan Napak Tilas Bung Karno Di Saumlaki,Saat Hadiri Dialog Kebangsaan.

AMBON,N25NEWS.com-Wakil Gubernur Maluku,Barnabas Orno mengisahkan kembali sejarah napak tilas (perjalanan) Presiden Soekarno di Saumlaki,Kabupaten Kepulauan …

×

N25NEWS.com