Breaking News

Alimudin : Sebelum Ada Program Kampung KB Di Dusun Air Salak Kehidupan Masyarakat Memprihatinkan

AMBON,N25NEWS.COM-Untuk mewujudkan agenda proritas pembangunan (Nawacita) terutama untuk meningkatkan kualitas hidup manusia melalui pembangunan kependudukan dan keluarga berencana maka program Kampung KB BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) telah memberikan kontribusi terhadap perubahan di dusun Air Salak Desa Waiheru.

Hal tersebut disampaikan Alimudin,Ketua RT 32/001 Dusun Air Salak desa Waiheru Kecamatan Baguala,Kota Ambon,kepada N25NEWS.COM,saat ditemui di kediamannya dusun di Air Salak belum lama ini.

Lebih lanjut Alimudin mengatakan,”Manfaat dari program BKKBN ini sangat nyata,yang mana tadinya taraf kehidupan masyarakat sangat memprihatinkan,tetapi dengan adanya program kampung KB ini,serta pendampingan dan sosialisai yang terus menerus tentang hidup berkeluarga yang sehat,maka masyarakat begitu puas sekali,”kata Alimudin yang juga Ketua Pokja Kampung KB Dusun Air Salak.

Selain itu juga manfaat yang didapat dari adanya kampung KB yaitu adanya bantuan dari instansi-instansi terkait seperti Dinas Sosial,yang masyarakat disini sebagian besar dapat PKH,Rastra dari desa melalui Sosial,yang mekanisme pemberian bantun kepada masyarakat berupa kartu ATM yang dapat diambil sendiri oleh masyarakat di bank.

“Perubahan nyata dari adanya Kampung KB ini yang mana tadinya masyarakat sebagian tidak punya rumah tetapi sekarang dengan adanya sosialisai dari kampung KB ini satu-persatu masyarakat mulai miliki sumah sendiri,”jelas Alimudin

Sosialisai yang dilakukan oleh BKKBN terbukti bukanlah hisapan jempol belaka ini terbukti dari sektor pendidikan anak-anak di dusun Air Salak semua sudah dapat bersekolah dengan baik dan tidak ada yang nganggur,ini adalah bukti nyata sosialisai dari pihak BKKBN itu sehingga pikiran masyarakat terbuka,karena sebelumnya banyak anak-anak disini yang tidak bersekolah.

BKKBN juga memberikan bantuan sarana prasaran yakni 9 item disamping itu juga BKKBN Pusat juga memberikan beberapa bantuan dan beberapa bantuan dari BKKBN pusat kepada warga, dari 9 item tersebut adalah infokus,lemari,power baterai komputer 1 set,bantuan tersebut untuk mendukung kegiatan kampung KB di Dusun Air Salak.

“Terus kita punya gedung kantor Kampung KB sudah selesai 98 persen hanya tinggal pintu dan jendela saja yang belum selesai dan terakhir kita tinggal tunggu kursi dan meja dari desa.Sedangkan untuk bantuan dari Dinas PUPR Kota Ambon kita sudah dibuatkan talut untuk penahan air sunagai dan satu bantuan lagi yaitu saputeng komunal yang didapat sebanyak 6 unit,”tutur Alimudin lagi.

“Untuk itu harapan saya selaku RT dan sekaligus Ketua Pokja Kampung KB adanya bantuan-bantuan,memang sekarang kami sudah dapat tapi belum seberapa untuk kebaikan maupun untuk kesejahteraan masyarakat disini  dan mudah-mudahan dengan adanya kampung KB ini dapat menjadi percontohan untuk Maluku ini serta bisa menyamai daerah yang lain di Indonesia,”tandasnya.

Penulis : Aris Wuarbanaran

Editor   : Redaksi

About admin

Check Also

BKKBN Maluku Gelar Kegiatan Penguatan Digital Leadership Dan Penguatan Forum Gendre Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2019

AMBON,N25NEWS.COM-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Maluku menggelar kegiatan Pengua Digital Leadership dan Penguatan …