Ambon Dan Tual Jadi Kota Uji Coba Bantuan Rastra

AMBON,N25NEWS.COM – Rencana bantuan Bahan pokok pangan kepada masyarakat nantinya akan serahkan dalam bentuk Natura maupun non tunai.

Hal ini kemudian diakui oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku, Sartono Pinning, kepada awak media, Kamis (22/03) lalu, pada lingkup Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon.

Diakuinya, Uji coba bantuan Bahan Pokok melalui mekanisme pembagian tersebut akan di peruntukan awal untuk kedua kota/kabupaten yakni Kota Ambon dan Kota Tual.

“Sedang, untuk Provinsi Maluku secara umum sampai dengan Bulan April mendatang, masih menggunakan bantuan sosial beras sejahtera (Rastra),” pungkasnya.

”Kita masih menunggu arahan selanjutnya karena direncanakan kemarin tahap – tahap berikutnya,jadi kita berharap kemungkinan beberapa bulan kedepan itu sudah dalam bentuk pangan non tunai,”cetusnya.

Lebih lanjut diakui Pinning, pangan non tunai ini tentunya kita harus memberikan penguatan – penguatan terhadap komponen lain yang punya keterlibatan disini ada Bank terutama himpunan bank Negara yang nanti memiliki akses langsung untuk melakukan penguatan ini. disamping itu juga kita butuh kesiapan Kabupaten/kota untuk melakukan kesiapan – kesiapan dari aspek kelembagaan.

Baca juga :   Widya MI Serahkan Bantuan Modal Usaha Bagi 10 IKM Di Maluku

“Kabupaten/kota akan menyiapkan perangkat kemudian ada juga lembaga – lembaga secara berjenjang dari tingkat desa keluarahan sampai dengan tingkat Kabupaten/kota,supaya dia melakukan upaya – uapaya persiapan kerena memang masyarakat miskin itu ada di desa,dusun, serta kelurahan,”jelasnya.

Maka dari itu, kita siapkan yaitu kelompok – kelompok usaha sebagai warung yang nanti merupakan bagian yang nanti mereka mengakses aktifitas perekonomian.

“Jumlah pernerima itu ada 124.48 kalau tadi yang 123.908 dengan catatan itu dia program keluarga harapan, tapi kalau bantuan pangan  non tunai itu terkait dngan beras sejahtera, untuk orang miskin,”tandasnya.(Aris Wuarbanaran)

Check Also

Sambut Natal, Desperindag Maluku Gelar Pasar Murah Mobile Di 47 Titik

AMBON,N25NEWS.com-Pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar pasar murah jelang Natal 25 …