Breaking News

Anak Berhak Atas Perlindungan Dan Dijahui Dari Kekerasan

AMBON,N25NEWS.COM-Anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan suatu bangsa dan negara,oleh karena kelak nanti akan menjadi generasi penerus yang berkembang secara optimal baik fisik,mental maupun sosial.

Hal ini disampikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (P3A) Provinsi Maluku,Meggy Samson saat menyampikan sambutan Gubernur Maluku pada Acara Pelatihan Pelayanan Ramah Anak Di Puskesmas Provinsi Maluku Tahun 2019 di Swisbell Hotel,selasa (26/02/2019).
Lebih lanjut Samson.

mengatakan”Amanat pasal 28 B ayat (2) UUD 1045 bahwa negara menjamin setiap anak berhak atas kelangsungan hidup,tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,oleh karena itu negara mempunyai kewajiban untuk melaksanakan ketentuan-ketentuan yang terkandung dalam UU,termasuk ketentuan untuk memenuhi hak-hak anak,”kata Samson.

Sementara itu berkaitan dengan pemenuhan hak kesehatan,pemerintah wajib meyediakan fasilitas dan meyelenggarakan upaya kesehatan yang optimal sejak anak masih dalam kandungan yang mana Pusat Pelayanan Masyarakat (Puskesmas) dalam memberikan pelayanan pemenuhan hak kesehatan anak.

“Puskesmas juga berperan sebagai pusat informasi kesehatan bagi keluarga maupun anak dan memberi dukungan agar mereka dapat mempraktekan pengetahuan kesehatan dalam kehidupan dan apabila semua puskesmas dapat meyelenggarakan upaya pemenuhan hak kesehatan anak,maka permasalahan anak dapat segerah teratasi atau kesehatan anak telah terpenuhi,”jelas Samson.

Pelayanan untuk anak di puskesmas telah dilakukan sejak lama akan tetapi belum berbasis hak anak,maka pelayanan ramah anak di kembangkan untuk mempercepat pemenuhan hak anak melalui,pendekatan hak asasi manusia dengan pengembangan sensifitas tenaga terhadap hak anak-anak lingkungan,sarana prasarana,serta penguatan pemberdayaan masyarakat untuk pemenuhan hak kesehatan anak.

“Untuk itu melalui pelatihan ini diharapkan adanya komitmen,partisipasi dan peran aktif lembaga kesehatan (puskesmas) atau instansi terkait serta para pemangku kepentingan termasuk para petugas pelayanan dan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan bidang Tumbuh kembang anak melalui pelatihan ramah anak di puskesmas,”tandas Samson.
Reporter : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

About admin

Check Also

BKKBN Maluku Gelar Kegiatan Peningkatan Dan Kompetensi Teknis Pengelola Data Informasi

AMBON,N25NEWS.COM-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Perwakilan Provinsi Maluku menggelar Kegiatan Peningkatan dan Kompetensi Teknis …