Home / Maluku / Anakan Jeruk Nganjuk Masuk Buru
Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Ambon, Jumrin kepada awak media, Senin (07/05) Di Ambon menyatakan temuan 2000 anakan jeruk melalui tol laut yang dilaporkan usai temuan oleh BPSB-BPP Provinsi Maluku tak bisa di tolerir.

Anakan Jeruk Nganjuk Masuk Buru

AMBON,N25NEWS.COM – Balai Karantina Pertanian Kelas I Ambon mengakui baru-baru ini telah terjadi pengiriman anakan jeruk asal Nganjuk, Jawa Timur masuk ke  Namlea, Kabupaten Buru Provinsi Maluku.

Dilansir, pengiriman anakan tanaman jeruk tersebut sebanyak 2000 buah anakan yang di ciduk oleh petugas Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih, Bibit Pertanian dan Peternakan (BPSB-BPP) Provinsi Maluku pada pekan lalu, (03/05) pada Pelabuhan laut Namlea, Kabupaten Buru.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Ambon, Jumrin kepada awak media, Senin (07/05) Di Ambon menyatakan temuan 1000 anakan jeruk melalui tol laut yang dilaporkan usai temuan oleh BPSB-BPP Provinsi Maluku tak bisa di tolerir.

“Selain tak jelas dari mana arah pengirimannya, melalui pelabuhan manakah itu hingga bisa sampai ke pelabuhan Namlea, disamping itu pula media pembawa tersebut tak dilengkapi dengan surat karantina. Lebih lagi, jenis media pembawa anakan jeruk tersebut tak memiliki label dari instansi. Untuk itu pula kita laporan guna ditindak lanjuti melalui proses pemusnahan,” pungkasnya.

“Seperti halnya, media pembawa lainnya yang pernah kita musnahkan baik itu kayu gaharu, tanduk serta berbagai bibit tumbuhan berpotensi membawa penyakit kini terhadap anakan jeruk tersebut akan segera kita proses berkasnya untuk di musnahkan,” tambahnya.

Untuk hal itulah, BKP Kelas I Ambon kemudian bersinergi dengan beberapa Instansi terkait lainnya seperti Angkasa Pura I Ambon, Pelabuhan besar maupun kecil, BPSB-BPP Maluku serta SKPD terkait lain.

“Anakan jeruk nganjuk ini kemudian tidak keluar dari wilayah Karantina di wilayahnya saja, melainkan Karantina Ambon juga melakukan tindakan karantina terhadap anakan jeruk, tersebut,” tandasnya. (Amy Latuny)

About admin

Check Also

ASDP Tambah Jalur Mudik Gratis Lebaran Oleh : Gali Markalin

AMBON,N25NEWS.COM -Setelah sebelumnya jalur Galala-Namlea, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Persero Cabang Ambon …