Anggaran 1,24 Triliun Disiapkan Untuk Pembangunan Jalan Trans Kei Besar

AMBON,N25NEWS.com-Bupati Maluku Tenggara (Malra),Muhammad Thaher Hanubun mengatakan anggaran yang telah disiapkan untuk pembangunan Trans Kei Besar,yakni sebesar Rp.1,24 triliun dengan panjangnya 102 kilometer,yang juga telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

“Pada RPJMN sudah ditentukan 102 kilometer dengan anggarannya Rp.1,24 triliun,semoga tidak ada perubahan lagi untuk jalan Trans Kei Besar dan anggarannya,”kata Bupati kepada awak media saat ditemui dirinya di Kantor Gubernur Maluku,senin (20/01/2020).

Menurutnya,Trans Kei Besar telah memberikan tugas kepada Pemerintah Daerah Maluku Tenggara,guna mempersiapkan RKPD tahun 2021 untuk menjawab RPJMN (jalan Trans Kei Besar) dan juga termasuk dalam pemetaan destinasi pariwisata atau kawasan ekonomi khusus (KEK).

“Upaya yang kita lakukan juga adalah meningkatkan kesejahteraan untuk menjawab konektivitas jalan,listrik dan air bersih akan dilaksanakan Pemerintah Daerah Maluku Tenggara,”jelas Hanubun.

Disinggung mengenai pergantian nama Kabupaten Maluku Tenggara menjadi Kabupaten Kepulauan Kei,Bupati mengatakan pergantian nama ini,merupakan momentum untuk menggerahkan segenap kekuatan dan sumber daya yang ada demi kemakmuran masyarakat didaerah tersebut.

“Kita ingin pendekatan pembangunan Kabupaten Kepulauan Kei,sama dengan daerah otonomi lainnya,yakni pendekatan pembangunan berwawasan kepulauan.Pergantian nama ini juga merupakan komitmen dan cita-cita bersama untuk membangun Malra yang lebih baik,sejahtera dimasa yang akan datang,”tandas Hanubun.

Adapun,secara historis Maluku Tenggara dari pandangan semua pihak mengarah pada satu kesatuan masyarakat atau yang di kenal Kei/Evav.Sejak pembentukannya pada tahun 1952,Malra memiliki wilayah yang sangat luas mencakup,Tanimbar,MBD,Aru dan Kota Tual saat ini.

Pasca pemekaraan kabupaten-kabupaten seperti KKT,MBD Aru dan Kota Tual,maka Malra hanya terdiri atas pulau Kei Kecil,Kei Besar,Ur,Warbal dan Tanimbar Kei saja.Jadi kearifan lokal penamaan Kepulauan Kei/Evav,sesungguhnya sebagai pijakan berpikir untuk merumuskan penamaan Kabupaten Kepulauan Kei.

Diketahui usulan penamaan Kabupaten Kepulauan Kei ini disampaikan pada rapat paripurna DPRD setempat dan melalui diskusi terhadap berbagai perubahan regulasi serta berbagai pandangan tokoh adat,ahli waris berdirinya Maluku Tenggara,tokoh agama dan pemangku kepentingan lainnya.

Reporter : Aris Wuarbanaran

Editor : Redaksi

Check Also

Sosialisasi Dan Antisipasi Penyebaran Virus Corona Di Malra

MALRA,N25NEWS.com- Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menggelar acara sosialisasi pencegahan virus corona (Covid-19),dimana virus mematikan …