Home / Maluku / Angka Kemiskinan di Maluku Penurunannya Relatif Lebih Baik

Angka Kemiskinan di Maluku Penurunannya Relatif Lebih Baik

AMBON,N25NEWS.COM – Presentasi penduduk miskin di Provinsi Maluku masih tergolong tinggi. Akan tetapi, angka penurunannya kemudian relatif lebih baik sepanjang perjalanan tahun.

Diakui oleh Kepala Unit Advokasi Daerah Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TP2K), Muhammad Arif Tasrif kepada awak media, Kamis (22/03) lalu pada lingkup Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon.

“Kalau dibandingkan dengan provinsi lain, Maluku relatif baik. Seperti tadi saya contohkan tidak banyak provinsi yang bisa turun satu persen setahun. Itu tidak banyak, dan Maluku saru diantara yang sedikit itu,” tandasnya.

Dirinya mengibaratkan, Jika kemiskinan itu bagai nasi di panci, maka Provinsi Maluku itu masih berada pada posisi nasi yang penuh, belum sampai ke kerak nasi yang menempel pada panci.

“Sedangkan daerah lainnya seperti DKI Jakarta, Bali atau Bangka Belitung, yang kemiskinannya sudah sangat rendah, menurut Tasrif, orang miskinnya itu tidak gampang dikeluarkan dari kemiskinannya. Karena sudah pada posisi kerak nasi yang menempel pada panci,” pungkasnya.

“Jadi Maluku ini masih mengambil nasi yang lapis atas, jadi yang bisa langsung terangkat kemiskinannya. Tapi daerah lain itu sudah lapis bawah atau kerak yang menempel,” kata Tasrif memberi perumpamaan.

Dirinya mengingatkan, kelak suatu hari, jika kemiskinan di Maluku juga makin rendah, makan akan sampai juga ke kerak itu.

‘’Nah ketika itu terjadi tantangan kita akan lebih berat. Karena dana yang dibutuhkan akan sangat besar, kita butuh data yang lebih komprehensif yang lebih dertail menyangkut kondisi orang-orang itu,’’ tutupnya.

(Aris Wuarbanaran)

About admin

Check Also

ASDP Tambah Jalur Mudik Gratis Lebaran Oleh : Gali Markalin

AMBON,N25NEWS.COM -Setelah sebelumnya jalur Galala-Namlea, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Persero Cabang Ambon …