Antisipasi Corona,5 Lembaga Agama Di Maluku Imbau Umat Beribadah Dari Rumah

AMBON,N25NEWS.com-Sejumlah pemuka agama di Maluku seperti MUI,Sinode,Keuskupan,Walubi dan PHDI,menghimbau masing-masing umatnya untuk menjalankan di rumah dan menunda kegiatan di rumah ibadah selama beberapa waktu kedepan.
Hal itu,sesuai kesepakatan bersama para tokoh agama dengan pemerintah daerah (Pemda) untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau pandemi virus corona di rumah ibadah dan masyarakat.

Plt Kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Maluku,Jamaludin Bugis,mengatakan sesuai kesepakan para tokoh agama ini,dikarenakan Covid-19 di Maluku dengan terpaparnya salah satu pasien yang posetif corona virus dan pencegahannya sedini mungkin terhadap umat dan melaksanakan ibadah di rumah masing-masing.

“Ikhtiar adalah merupakan kewajiban kita,maka Pemda Maluku menghimbau kepada kita selaku umat,agar kita aman dan selamat dari keadaan yang saat ini situasinya sangat mengkhatirkan,”kata Bugis di Kantor Gubernur,senin (23/3).
Lebih lanjut ia mengatakan imbauan ini kepada 5 lembaga agama di Maluku ini,agar tidak membuat kegiatan baik di Mesjid,Gereja dan tampat ibadah lainnya,kegiatan yang menghadirkan banyak umat termasuk ibadah jumat dan ibadah minggu.

Baca juga :   Hasil PCR Pasien RST Ambon Posetif

Ia menuturkan agar kegiatan seperti Salat Jumat dapat di gantikan dengan Salat Dzuhur di rumah masing-masing.Begitu pula ibadah Minggu di Gereja dapat dilakukan ibadah keluarga di rumah,sesuai pedoman dari pimpinan gereja.

Sementara itu,terkait dengan menyongsong perayaan Paskah Kristus juga di imbau agar tidak dilakukan,sebab akan mengumpulkan banyak umat,tetapi perayaan Paskah dapat dilakukan di rumah atau di keluarga masing-masing.

“Jadi kegiatan yang mengumpulkan orang banyak melalui jemaat gereja maupun mesjid ditiadakan berdasarkan status Maluku yang saat ini sudah posetif 1 orang terpapar Covid-19,”jelas Bugis.

Adapun,pihak Kanwil Maluku juga sepakat dengan para tokoh agama untuk kegiatan perkawinan massal dan perayaan nikah,mulai hari ini sampai seterusnya di tiadakan,”tandas Jamaludin Bugis.

Reporter : Aris Wuarbanaran

Editor : Redaksi

Check Also

Gugus Tugas Covid-19,Bersama OKP Bahas Isolasi Desa

AMBON,N25NEWS.com-Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Provinsi Maluku,menggelar pertemuan bersama dengan sejumlah Organisasi …