Arsip Merupakan Aset Yang Tidak Ternilai Harganya

AMBON,N25NEWS.com-Pengelolaan arsip dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaannya karna merupakan Aset dan Barang  dalam  mengidentifikasi,menelusuri dan menata aset pemerintah daerah.

Hal tersebut disampaikan,Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM,Halim Dates,dalam membacakan sambutan Gubernur Maluku,Murad Ismail pada kegiatan Bimbingan dan Konsultasi (Bimkos) Pengelolaan Asset Nasional,yang berlangsung di Marina Hotel Ambon,kamis (5/9/2019).

Lebih lanjut Gubernur mengatakan,ini juga dilakukan untuk menyelamatkan aset daerah yang tidak ternilai harganya serta merupakan pertanggungjawaban pada bangsa dan negara ini.

” Kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar dalam meningkatkan pengelolaan arsip aset daerah sehingga semua aset daerah dapat dipertanggungkan dan diselamatkan karena potensi ekonominya pada masa yang akan datang ” ungkap gubernur Maluku,Murad Ismail

Baca juga :   Kampung Pisang Kembali Banjir Rob,Warga Keluhkan Tidak Adanya Solusi Dari Pihak Desa Poka

Menurut Gubernur,ini juga bagian dari pelayanan di pemerintahan daerah ,maka oleh sebab itu aset-aset ini jangan sampai jatuh ke tangan yang tidak berwenang untuk memilikinya.

Semntara  itu,di tempat yang sama ,Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provnsi Maluku,Mustafa Sangadji menyampikan,sesuai dengan surat edaran gubernur terkait penataan arsip pada seluruh OPD .

“Masing- masing OPD harus membuat central fail dan perekaman ,setelah arsip itu dianggap tidak aktip maka akan diserahkan ke data arsip” katanya.

Selain itu dirinya mengakui pihaknya belum optimal dalam melakukan pengelolaan arsip.Hal ini disebabkan oleh tempat arsip yang tidak representarif juga tenaga pendukungnya.

Reporter   : Chris

Editor       : Aris.W

Check Also

Sekretaris KPU Buru , informasi Kehilangan Uang 50 juta di Mejanya tahun 2019 Hoax

Namlea,N25NEWS.com -Sekretaris komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Buru Azis Fesanrey membantah adanya Kehilangan uang sebesar …