Breaking News

ASN Kemenag Dapat Pembinaan Dari Sekjen

 

AMBON,N25NEWS.COM – -Sekreteris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Prof Dr. phil.H. Nur Kholis, MA melakukan pembinaan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Di Jajaran Kemenag Provinsi Maluku.

Pembinaan yang berlangsung sehari di aula Kemenag Kota Ambon, Jumat(14/11) ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh ASN di ligkup Kemenag  Maluku. Turut dihadiri Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Musaad, S.Pd, M.Pd, Kapala Bagian Tata Usaha, Jamaludin Bugis dan para pejabat Esolon III dan IV, dan para Pimpinan Satuan Kerja (Satker) Kementerian Agama Maluku.

Mengawali Pembinaan, Kakanwil Kemenag Prov. Maluku memberikan apresiasi kepada Sekjen yang sempat meluangkan waktunya memberikan pembinaan bagi ASN  meskipun ditengah berbagai kesibukannya.

Dimana kemenag Maluku saat ini, terus mendorong agar terciptanya kerukunan umat beragama di Maluku dan terus membangun kerjasama yang baik dengan pemerintah Provinsi Maluku, Kemudian berbagai bentuk kegiatan yang bersentuhan dengan peningkatan ASN di Kemenag Maluku juga telah dilakukan sebagai wujud dari program di lingkungan Kemenag Maluku.

Sementara itu dalam pembinaan yang disampaikan Sekjen menuturkan, bahwa setiap ASN di jajaran Kemenag harus memiliki tanggungjawab untuk mengemban visi dan menjawab misi kemenag dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.

Sekjen mengakui dalam misi pembangunan kerukunan umat beragama, Kemenag memiliki tantangan yang cukup berat yang diperhadapkan dengan beragam perbedaan atau keyakinan agama.

Oleh sebab itu, peran pendidikan agama dan

keagamaan juga harus memiliki peran penting dalam meningkatkan sumber daya manusia yang handal dan bermartabat.

Diakhir pembinaanya mantan Dirjen Pendidikan madrasah Kemenag RI  berharap agar seluruh ASN di lingkungan Kemenag Maluku, dapat melaksankan tugas dengan baik demi mejawab visi dan misi kemenag, seduai dengan budaya kerja yang saat ini sedang dikembangkan oleh Kementerian Agama di Seluruh indonesia.

Baca juga :   Kakanwil Dorong Program dan Anggaran Pendis Tahun 2020

Usai pembinaan Nur Kholis kepada wartwan mengatakan, sebagai instansi vertikal Kemenag sehingga dari sisi struktur, ada kewenangan-kewenangan di pada pejabat Kemenag RI yang harus bisa melakukan pembinaan pada wilayah Kemenag di daerah, sesuai dengan amanat peraturan perundang-undang yang ada.

Selain itu tujuanya untuk bisa menyamakan visi dan presepsi dari Kemenag sendiri yang memiliki 4.590 satuan kerja dengan jummlah ASN sebanyak 226.394 diseluruh Indonesia, sehingga perlu mendapat pembinaan dan arahan sesuai dengan instruksi yang terkait dengan kebijakan Menag.

“Jadi yang saya sampaikan itu, sejatinya adalah arahan dan kebijakan Menag, bukan dari Sekjen, tapi Sekjen hanya mengamplikasikan saja dan menambah dengungkan saja, karena tidak mungkin semuanya mandapat pembinaan langsung dari Menag, termasuk juga Sekjen, sehingga ada kewenangan yang diberikan kepada pejabat di daerah untuk bisa juga melakukan pembinaan, “ujarnya.

Selain pembinaan ini juga bisa dijadikan sebagai sarana silatuhrahmi antara sesama ASN Kemenag sekaligus mempererat hubungan kekeluargaan keluarga besar Kemenag Maluku.

Oleh sebab itu melalui pembinaan dibarapkan  agar ASN Kemenag dalam menjelang Pilpres dan Pileg 2019 mendatang, sesuai amanat peraturan Menap dan RB sekaligus peraturan badan kepegawaian, ASN harus netral dalam pelaksanaan Pileg maupun Pilpres, sehingga penting perlu diingat oleh setiap ASN di Kemenag Maluku.

“Secara demokrasi mereka punya hak pilih yah, itu hak mereka, tapi untuk memberikan dukungan sana-sani itu tidak diperbolehkan, sehingga ASN harus netral, agar nantinya diperalat untuk mendukung salah satu calon tertentu,”ingat Sekjen.

 

Penulis.      : Gali M

About admin

Check Also

Kemenag Tingkat SDM Penguatan Program dan Angggaran 2020

AMBON,N25NEWS.COM – Untuk meningkatkan kinerja dari satuan kerja agar tersusunya perancanaan sesuai kepentingan organisasi yang …