Home / Maluku / Aspal Panas dan Sampah Plastik Jadi Terobosan Baru DisPUPR

Aspal Panas dan Sampah Plastik Jadi Terobosan Baru DisPUPR

AMBON,N25NEWS.COM – Dalam waktu dekat Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bakal lakukan terobosan baru.

Terobosan oleh Dinas PUPR itupun tak lain ialah uji coba campuran aspal panas dan limbah plastik yang di anggap akan membawa dampak positif dan evisien bagi lingkungan dan kepentingan umum masyarakat Maluku.

Hal ini diakui oleh Kepala Dinas PUPR Provinsi Maluku, Ismail Usemahu pada saat ini, Selasa (03/04) di Lingkup Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon.

“Untuk awal, kami akan melakukan uji coba pada kawasan Kompleks Wisata Pantai Tapal kuda, Kelurahan Benteng, Air Salobar, Kota Ambon,” pungkas Usemahu.

Diakuinya, beberapa pekan lalu tepat pada ulang tahun TNI, Kodam XVI/Pattimura memberi kurang lebih 10 ton sampah plastik guna dicampur dengan aspal panas.

“Sementara ini kita lagi persiapan karena kita lagi proses pra kontrak atau pelelangan. setelah pelelangan selesai barulah kita akan laksanakan fisiknya serta alat pencacah untuk sampah plastik dengan menggunakan tas kresek,” tandanya.

“Sejauh ini kita telah menerima bantuan langsung Kementrian PUPR RI, untuk itu, uji coba alat pencacah plastik bakal diacak lalu kita timbang supaya pada saat pencampuran dengan aspal panas itu komposisi beratnya sesuai,” Jelasnya.

“Untuk sementara yang diuji coba ini di mana-mana baik di Bali, Surabaya itu gunakan tas kresek kita di Ambon juga pakai tas kresek. Tapi tak semua jalan. Kita kemudian membatasi dengan di gunakan nya jalan lingkungan yang banyak aktivitas masyarakatnya,” tukas Usemahu.

Menutupnya, Usemahu memperkirakan bahwa campuran aspal dengan sampah plastik kekuatannya bakalan bertambah mencapai 30 hingga 40 %.
(Aris Wuarbanaran)

 

About admin

Check Also

Pemprov Maluku Dapat Jatah 302 Orang Dalam Penerimaan CPNS 2018

AMBON,N25NEWS.COM – Pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional sudah mulai dilakukan tanggal …