Home / Maluku / Assagaff : Bea dan Cukai Berperan Melindungi Masyarakat dari Penyeludupan dan Perdagangan Ilegal
Gubernur Maluku Said Assagaff

Assagaff : Bea dan Cukai Berperan Melindungi Masyarakat dari Penyeludupan dan Perdagangan Ilegal

AMBON,N25NEWS.COM-Sudah 72 tahun Bea dan Cukai berkiprah dalam pembangunan negeri ini lewat tugas dan fungsinya.Bea dan Cukai berperan dalam memberikan fasilitas bagi Perdagangan dan Industri,menjaga perbatasan dan melindungi masyarakat dari penyeludupan dan perdagangan ilegal.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Maluku Said Assagaff pada acara Peringatan Hari Bea dan Cukai 2018 di lantai 5 Kantor Keuangan Negara,kamis (4/10/2018).

Lebih lanjut Assagaff mengatakan,”kita patut berbangga sebab dalam tahun 2017 pada catatan Badan Pusat Statistik,pertumbuhan ekonomi Maluku tercatat tumbuh sebesar 5,81 persen lebih tinggi dari pada pertumbuhan ekonomi Nasional yang hanya tumbuh sebesar 5,07 persen.Sampai dengan Triwulan II 2018 pertumbuhan ekonomi  Maluku tercatat sebesat 5,47 persen,”kata Assagaff.

Peningkatan ekspor komoditi seperti ikan dan udang tidak terlepas dari kerja nyata dan kerja sama antar pemangku kepentingan.Diawali dengan deklarasi bersama membangkitkan ekspor menujuh Maluku Jaya pada tanggal 12 Februari 2018,yang salah satu indikatornya adalah Bea Cukai mampu menarik para pelaku usaha perikanan.

“Kemudahan dan kecepatan dalam pelayanan pengurusan dokumen pada perizinan,melayani ekspor 24 jam sehari dan tujuan hari sepekan,meyelenggarakan proses bisnis yang bersih dan bebas dari pungutan liar serta mendorong kesinambungan kinerja ekspor,”jelas Assagaff.

Provinsi Maluku masih memiliki potensi komoditi lainya yang perlu digali Bea dan Cukai dengan misinya memberikn fasilitas perdagangan dan industri diharapkan dapat menarik minat para pelaku usaha.Terutama industri untuk menanamkan investasinya di Provinsi Maluku.

“Untuk itu saya berharap usaha kita untuk meningkatkan perekonomian di Provinsi Maluku secara kongkrit dapat terwujud dengan adanya dukungan dan sinergitas dari seluruh pemangku kepentingan baik Forkompinda,Satuan Kerja Kementerian,BUMN,Perikanan,Akademisi dan pihak swasta serta seluruh masyarakat Maluku,”tandas Assagaff.

Oleh : Aris Wuarbanaran

About admin

Check Also

BNN Gandeng Pemerintah Desa Cegah Narkoba Masuk Desa

AMBON,N25NEWS.COM-Pemberantasan narkoba terus digalakan pemerintah.Untuk menangkal masuknya narkoba ke desa-desa,maka Badan Narkotika Nasional (BNN) menggandeng …