Atas Hasutan People Power Kapolres Silaturahmi Dengan MUI

AMBON,N25NEWS.COM – Mengatasi hasutan people power dan demi mewujudkan keamanan yang aman damai dan tertib pasca Pemilu 17 April 2019 kemarin, Kapolres Pulau Ambon dan Pp Lease AKBP Sutrisno Hady Santoso melakukan silaturahmi dengan ustadz dan imam masjid se-Kota Ambon dibawa koordinasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku dan Kota Ambon.

Silaturahmi yang dipusatkan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku, Rabu(8/5) dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan damai pada Pemilu 2019.

Mengawali pertemuan Ketua MUI Maluku Abdullah Latuapo mengatakan, untuk mempererat kembali tali silaturahmi antar kita sesama umat manusia pasca usai Pemilu selesai, baik Pilpres maupun Pileg Alhamdulillah semuanya berjalan aman, damai dan lancar.

Dimana Maluku sebelumnya merupakan salah satu daerah yang rawan. Dimana ini sesuai indeks kerawanan yang disampaikan Bawsalu RI. Tapi, indeks kerawanan dapat dipatahkan masyarakat Maluku dengan menciptakan Pemilu aman, damai dan lancar.

Sementara itu, Kapolres Ambon AKBP Sutrisno Hady Santoso menjelaskan soal Kamtibmas pasca Pemilu sejauh ini keamanan di Kota Ambon berjalan baik.

“Pada umum Kamtibmas Kota Ambon aman, kondusif pasca Pemilu, tetapi ada hal-hal kecil. Jika tidak kita tindak lanjut bersama maka akan membuat kita capek. Ada upaya kelompok yang tidak bertanggungjawab, di bulan Ramadhan ini menjadikan Masjid untuk memprovokasi atau menyesatkan.
Kami mengimbau agar imam dapat memberitahu kepada umatnya untuk tidak dipercaya dengan isu-isu seperti itu,”ujarnya.

Baca juga :   Pelni,Masyarakat Ambon Diminta Membeli Tiket Jauh Hari Jelang Nataru.

Hal itu kata Kapolres, stabilitas keamanan erat hubungannya dengan keimanan. JIka iman kita lemah maka akan berdampak pada keamanan.

Lewat kesepakatan dalam menyikapi
berbagai dinamika sosial politik yang berkembang belakangan ini, Polres dan MUI Kota Ambon dan para tokoh agama ustad dan imam masjid khususnya di kota ambon menyampaikan beberapa pesan moral sebagai berikut, pertama menegaskan kembali kesepakatan pendiri bangsa dan Alim Ulama terkemuka bahwa bentuk bangunan yang sejalan dengan Islam di bumi Indonesia adalah NKRI sesuai dengan Islam yang rahmatan lilalamin dan Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah bangsa.

Kedua mengajak seluruh umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2019 agar bersama-sama meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt serta menjalin silaturrahmi dan Ukhuwah Islamiyah, menghindari fitnah dan perpecahan serta saling memaafkan diantara kita sebagai sesama bangsa Indonesia.

Tiga menghimbau umat Islam untuk bersama-sama mewujudkan stabillitas keamanan dan situasi kondusif, mengedepankan persatuan dan kesatuan, kebersamaan dan persaudaraan sebagai umat manusia yang saling bersaudara satu sama lain.
Kempat mengajak seluruh umat Islam untuk menghindari segala bentuk tindakan melawan hukum dan aksi provokasi serta kekerasan dari pihak manapun yang dapat mengganggu persaudaraan sebangsa dan setanah air.
Selain itu juga mengajak umat Islam untuk senantiasa mentaati tata peraturan dan perundangan yang berlaku di seluruh wilayah NKRI.

Reporter :Rohim

Editor : Redaksi

Check Also

Tampil Sebagai Juri, Gubernur Bagi Tips Masak Ikan Kuah Kuning

AMBON,N25NEWS.com-Resep masak ikan bukanlah sesuatu yang ribet. Semua orang pasti punya cara sendiri untuk memasak …

×

N25NEWS.com