Home / Politik / Bachmid : Bawaslu Diminta Proses Hukum Segera Mantan Wakapolda Maluku

Bachmid : Bawaslu Diminta Proses Hukum Segera Mantan Wakapolda Maluku

AMBON, N25NEWS.COM – Fahri Bachmid secara resmi mengajukan laporan ke Bawaslu terkait pelanggaran yang dilakukan oleh mantan Wakapolda Maluku Brigjen Pol. Drs. Hasanuddin, yang telah di mutasikan, Jumat (22/07/18).

“Pada prinsipnya proses pelaporan ini terkait dengan adanya pelanggaran yang telah dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung  terjadi pada wilayah Kab. Aru, harus ditindak lanjuti dengan kewenangan konstitusional yang ada dan harus  sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” katanya saat melakukan konferensi pers, di Ambon.

Dirinya menegaskan komitmen pilkada Gubernur Provinsi Maluku tahun 2018 ini harus berjalan dengan kondusif, aman, terkendali, demokratis, bebas, langsung, jujur, adil, serta konstitusional dengan harapan tidak ada unsur intimidasi maupun kekerasan dan seterusnya pada saat proses pemilihan.

“Kami tahu bahwa objek yang kami laporkan adalah Wakapolda Maluku yang dicopot jabatannya, tetapi proses hukum atau proses administrasi yang harus dilakukan oleh Bawaslu tidak boleh  berhenti disitu, diharapkan  dalam melaksanakan fungsi dan kewenangan untuk memastikan Pilkada Maluku dapat berjalan dalam situasi aman dan kondusif tanpa  adanya keterlibatan,” katanya.

“Untuk itu kami ingin memastikan Bawaslu untuk segera melakukan koordinasi terkait laporan kami dengan melakukan verifikasi lebih mendalam agar netralitas polri tetap terjaga dalam Pilkada Maluku agar Gubernur dan Wakil Gubernur yang terpilih terhindar dari unsur-unsur  tersebut,” harapnya.

Permintaan yang dilakukan pihaknya terkait penyelenggara lembaga pemantau mulai dari Bawaslu, KPU dan semua pihak yang turut terlibat untuk segera melakukan fungsi-fungsi pemantauan secara baik dan langsung.

“Marilah kita menjaga suasana supaya lebih kondusif dan masyarakat lebih bisa menyampaikan aspirasinya secara bebas, langsung tanpa adanya pemaksaan/intimidasi dari pihak manapun,” tutupnya. Winda Londah

About admin

Check Also

Jhon Mainake Caleg Yang Merakyat

AMBON,N25NEWS.COM – Muda, Berani, dan Peduli, itulah yang menjadi slogan seorang Jhon Mainake Calon Legislatif …