Bangun Komitmen Bersama,Pemda Tual dan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Gelar RAKERKESDA

TUAL,N25NEWS. Com – Pemerintah Kota Tual bersama Dinas Kesehatan Provinsi menggelar RAKERKESDA senin (30/09/2019) di Balai Room Sekertariat Kota Tual.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh OPD dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dr. Meykel Pontoh bersama rombongan itu yang lansung di pimpin Walikota Tual Adam Rahayaan S, Ag. M,Si.

Dalam sambutannya Walikota Tual Adam Rahayaan menyampaikan, Pemerintah Kota Tual menyambut baik forum ini yang dapat membangun komitmen bersama dalam pelaksanaan kegiatan program pembangunan di bidang kesehatan.

“Momentum ini merupakan forum komunikasi dan Sharing pengalaman pemerintah dan seluruh Stakeholder dalam pembangunan kesehatan, Rakerkesda secara khusus yang bertujuan untuk menyusun aksi daerah ( RAD ) baik jangka pendek, menengah dan panjang dalam pembangunan kesehatan di wilayah Kota Tual,”ungkap Rahayaan.

Lanjutnya,hal ini merupakan benang merah dan tema besar yang diusung pada gelaran Rakerkesda 2019 yaitu ” kaloborasi Dinas Kesehatan, Puskesmas Kelurahan/Desa Sekota Tual menuju cakupan peleyanan kesehatan semesta guna mewujudkan Kota Tual Sehat ”

Rakerkesda juga kata Walikota Tual merupakan momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat setinggi tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan.

“Dengan memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif. Mengubah pola hidup kearah promotive-prementif dengan menekan pada prilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tetang pola hidup sehat,”tambah Rahayaan.

Selain itu tambah Rahayaan,meningkatkan kesasadaran masyarakat berplilaku hidup sehat melalui gerakan masyarakat hidup sehat ( GERMAS ) yang telah diprakasai oleh presiden Ir.Jokowidodo menjadi satu gerakan Nasional yang tertuang dalam Inpres No 1 Tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat.

“Kita patut bersyukur bahwa berbagai program kesehatan yang telah dilaksanakan berjalan dengan baik,”ujar Rahayaan.

Hal ini kata Rahayaan, dapat di refleksikan melalui hasil – hasil pembangunan kesehatan yang meleputi upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu pelayanan.

“Untuk itu dalam kaitan dengan pemerintah untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan melalui perlindungan faninsial telah dibayarkan iuran bagi penerima bantuan iuran ( PIB ) yakni sebanyak 73.353 juta jiwa pada tahun 2017 meningkat 82.140 juta jiwa di tahun 2018. Selain itu pemerintah daerah melalui APBD Kota Tual telah menyediakan anggaran untuk mewujudkan UHC ( Universal Health Coverage ),”jelas Walikota Tual Adam Rahayaan.

Katanya selain pemerintah pihaknya juga masih menghadapi tantangan permasalahan kesehatan yang masih terjadi di daerah. Diantarannya masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular. ini harus diselesaikan jika kita ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang. Terutama puskesmas.

Rahayaan mengingatkan agar dinas kesehatan dan puskesmas mengambil peran mengarahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan diwilayah kerja masing-masing.

Puskesmas dan tenaga kesehatan didalamnya Rahayaan mengingatkan,harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat secara terus menerus dalam melakukan upaya promosi prilaku hidup bersih dan sehat

“Saat ini alokasi anggaran untuk bidang kesehatan yang disiapkan, baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah cukup besar, sehingga besar juga harapan agar permasalahan kesehatan tersebut dapat diselesaikan sebaik baiknya,”harap Rahayaan.

Diapun  mengajak seluruh insan kesehatan baik jajaran Dinas kesehatan maupun Puskesmas tingkat desa kelurahan menjadikan Rakerkesda ini sebagai momentum merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan dan keberhasilan sektor kesehatan dan melibatkan semua unsur, lintas sektor dalam melaksanakan pembangunan kesehatan

Selain itu Diapun  mengajak seluruh Insan kesehatan agar melalui Kegiatan RAKERKESDA saat ini mari  korbarkan semangat melayani, menggerakan dalam mengungkap aspirasi masyarakat, melalui semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang setinggi – tingginya dimulai dari diri kita masing – masing.

Oleh karena itu Dinas kesehatan harus mendorong terlaksananya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS ) dengan GERMAS kita mengajak lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dan dapat membentuk bangsa Indonesia yang Kuat.

Dia juga mengapresiasi  semua pihak yang mendukung terlaksananya program kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor , akedemisi, pelaku usaha, organisasi masyarakat.

Dan Diapun selalu berharap  semoga dengan berkumpulnya semua pegiat pembangunan kesehatan dan sebagai bentuk pengabdian  agar dapat dicapai bersama – sama.

Reporter – Pae Rahakbauw

Editor :Redaksi

Check Also

Pemkot Tual Gelar Rapat Kerja Kepala Sekolah/Madrasah Se-Kota Tual 2019

TUAL,N25NEWS.com – Pemerintah Kota Tual dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak pada tingkat TK/RA, SD/MI dan …

×

N25NEWS.com