Home / Politik / Bawaslu : Bersama Rakyat Awasi Pemilu
(Anggota Bawaslu Republik Indonesia, Dr. Ratna Dewi Petalolo, SH.,MH)

Bawaslu : Bersama Rakyat Awasi Pemilu

AMBON,N25NEWS.COM – Menjelang Pilkada 2018 serentak yang akan digelar pada 31 provinsi di Indonesia termasuk provinsi Maluku, Badan Pengawas Pemilu RI kini memotivasikan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan adil dan merata tanpa intervensi sebelah pihak.

Oleh Perwakilan Anggota Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (BAWASLU RI), Ratna Dewi Petalolo, katakan pilkada kali ini akan digelar pada 31 Provinsi baik pemilihan Gubernur, Bupati Maupun Walikota. kecuali Provinsi Papua Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, serta Provinsi Jogjakarta.

“Pilkada kali ini digelar dengan semboyan Tolak dan Larang Politik Uang dan Politisasi Sara,” ucapnya saat membuka sejumlah kegiatan pengawasan pilkada 2018, Kamis (15/02/18) tepatnya didepan Gong Perdamaian dunia, Kota Ambon.

Dikatakannya, Politik Uang dan Politisasi Sara Sudah merusak sendi-sendi demokrasi di negara kita.

“Inilah saatnya kita melakukan pembenahan dan kita melakukan perbaikan untuk menuju peradaban demokrasi yang lebih baik sehingga kita mewujudkannya mulai dari sekarang,” pungkasnya.

Lebih lanjut, diungkapnya bahwa kita akan menghadapi pemilihan ditahun 2019. Dan itu merupakan tantangan terbesar dan era pertama pada pemilihan serentak baik memilih Anggota DPR, DPD, DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“Siapa lagi yang akan memberikan harapan untuk membangun keberadaban, kalau bukan kita Sebagai pemilik hak kedaulatan rakyat. Itulah sebabnya mengapa kami mengubah tag line’ Bersama Rakyat Awasi Pemilu’. Rakyat kita harus diberi kesempatan untuk menjadi pengawal dalam pelaksanaan pemilihan baik pada tahun 2018 maupun 2019,” tuturnya.

Pihaknya kini memotivasikan rakyatnya dengan memberi kebebasan menentukan sendiri masa depan bangsanya dan siapa yang akan menjadi pemimpin baik di tingkat lokal maupun tingkat nasional. Karena merekalah yang akan merasakan dampak dari terpilihnya pemimpin daerah melalui pemilu 2018 maupun pemilu 2018.

Untuk itu, diharapkan Petalolo bagi ketiga Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, yang adalah putra terbaik Maluku untuk melakukan pendidikan politik yang baik saat prosesnya berlangsung.

“Catat dan dengarkan baik-baik visi misi serta komitmen bersama dalam menolak politik uang serta politisasi sara. Tagih kepada mereka jika hari ini komitmen tersebut telah dilanggar oleh ketiga pasangan calon kita dalam pelaksanaan kampanye 2018 ini,” tutupnya. (AMY)

 

 

 

About admin

Check Also

AT Miliki Pulang Besar Kursi DPR RI

AMBON,N25NEWS,COM – Empat dari nama-nama yang mencalonkan sebagai Calon Legislatif (caleg) lewat Partai Nasdem, nama …