Home / Maluku / BDK Ambon Adakan Empat Diklat dan Bukber

BDK Ambon Adakan Empat Diklat dan Bukber

AMBON,N25NEWS.COM – Dalam rangka meningkatkan kecakapan dan keterampilan terutama  dalam bidang pendidikan, sekaligus memperetat talisulaturahmi keluarga besar Balai Diklat Keagmaan (BDK) Ambon menggadakan empat program Pendidikan dan pelatihan (Diklat) sekaligus buka puasa bersama (Bukber).

Peserta yang berjumlah 120 orang merupakan perwakilian masing-masing tenaga pendidik Kemenag  Kabupaten/Kota yang nantinya akan mengikuti diklat antara lain, Diklat teknis subtantif guru bahasa Arab tingkat MA, guru bimbingan konsoling tingkat MTs, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan diklat pengelola perpusatakaan madrasah.

Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Maluku yang diwakili Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Farida Laisuow saat membuka Diklat mengatakan, dunia pendidikan saat ini sudah berada dizaman teknologi yang aset informaso dapat diakses tanpa ada batas, sehingga berbagai pakar pendidikan disesuaikan dengan era zaman perkembangan dan pengetahuan.

Dimana,  Perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan akan memberi peluang kepada warga pendidik untuk menumpukan lebih perhatian kepada pembangunan modal insan berbanding persediaan pengajaran.

“Kita melihat bagaimana teknologi seperti kecerdasan, itu dapat  membantu dalam bidang dunia pendidikan pada dewasa ini,”ungkapnya.

Dikatakan, bahwa secara umum, ada 4 aspek yang wajib dilakukan guru dalam melaksanakan pembelajaran yakni, membuat rencana pembelajaran;, melalaksanakan proses pembelajaran, melaksanakan evaluasi pembelajaran; dan memberikan penilaian pembelajaran.

Keempat aspek ini saling berhubungan atau saling terkait antara satu dengan yang lain. Artinya, jika terjadi perubahan kurikulum, maka terjadilah perubahan secara terknis keempat aspek tersebut,” terangnya

Untuk itu ia berharap dengan terselenggaranya diklat ini dapat meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan guru dalam proses pembelajaran sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai tenaga pendidik yang profesional.

Oleh karena itu, Laisouw berpesan, agar kepada seluruh peserta diklat agar dapat menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya karena kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi.

”Besar harapan saya, dalam kesempatan ini saya berpesan kepada seluruh peserta ikutilah diklat ini dengan sungguh-sungguh dan cermat demi meningkatkan mutu pembelajaran, sehingga menghasilkan output yang mampu beradaptasi dengan perubahan zaman,”Mengawali diklat tersebut ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Kabid Pakid Kanwil Kemenag Maljku yang juga turut diddampingi Kapala BDK Ambon.

About admin

Check Also

Pemprov Maluku Dapat Jatah 302 Orang Dalam Penerimaan CPNS 2018

AMBON,N25NEWS.COM – Pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional sudah mulai dilakukan tanggal …