Breaking News

BDK Gelar Diklat Pengelola BBM, Keuangan Madrasah, Teknis Subtantif Petugas Haji dan Pembina Masjid

AMBON,N25NEWS.COM -Demi meningkatnya pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan sikap melaksanakan tugas jabatan secara profesional, Balai Diklat Keagamaan (BDK) Ambon malaksanakan pendidikan dan pelatihan (Diklat), pengelolaan Barang Milik Negara (BMN). Pengelolaan keuangan madrasah dan teknis subtantif petugas penyelenggara haji serta teknis pembina Kemasjidan.

Diklat yang melibatkan 120 peserta dari jajaran Kanwil Kemenag Maluku dan Maluku Utara (Malut) berlangsung di aula BDK Ambon, Selasa(18/6) dibuka Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Maluku Yasir Rumadau.
Kakanwil Kemenag dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kabid Pendidikan Madrasah menjelaskan, diklat penyelenggaraan haji pembinaan pengelolaan masjid perlu dilakukan, sebab ini merupakan ujung tombak dalam kehidupan bermasyarakat. Sebab menjadi petugas dan mengelola masjid sudah seharusnya dikelola dengan iman, ilmu dan amal.

“Kalau iman yang kokoh dan kuat sudah mendasari kita, tentunya kita akan bekerja menjadi petugas/pengurus dengan ikhlas, tidak akan marah atau tersinggung karena ada masalah dalam jamaah. jangan sampai hanya karena tidak suka dengan seseorang, lalu tidak mau datang ke masjid, ataupun menjadi pengurus tapi jarang ke masjid,”jelas Kakanwil.

Jika hal tersebut dapat dipahami maka pengelolaan masjid dapat berjalan profesional dan lancar
Untuk itu, komunikasi antar pengurus harus bagus, jangan terhambat, namun yang paling penting pula adalah pengelolaan dana infa masjid, jangan digunakan untuk keperluan pribadi ataupun dipinjamkan pada orang lain, karena dana ini amanah umat kepada pengurus.

Oleh sebab itu Kakanwil berharap melalui pembinaan ini, masjid di provinsi Maluku semakin ramai jamaahnya, semakin bersih dan sehat lingkungannya, serta transparan dalam pengelolaan keuangan. jadikanlah masjid sebagai tempat pembinaan umat, dakwah islam, sehinggah kebangkitan umat islam akan menjadi sarana untuk
bersama-sama menuju keridhoan ALLAH SWT.

Baca juga :   Bimas Islam Kemenag Laksanakan Penyusunan Anggaran 2020

Dengan pengelolaan masjid yang bagus, tentunya dapat meningkatkan jumlah jamaah, sehinggah masjid menjadi makmur, umat percaya dan hal ini berimbas pada kepedulian jamaah melalui infaq masjid sehingga menambah kegiatan yang ada. semua deskripsi tersebut.

Hal yang sama juga disampaikan pada pengelolaan keuangan dan BMN karena dengan adanya perubahan mainset pada pimpinan satuan kerja penanggung jawab program dan kegiatan Kemenag.

“Saya harapkan reformasi birokrasi pada Kanwil Kemenag mampu menghasilkan pimpinan satker yang dapat melaksnakan 5 pasti pelaksanaan anggaran berbasisi aplikasi,”harap Kakanwil.

Dimana lima pasti kinerja berbarsis aplikasi ini merupakan solusi dalam peningkatan penyerapan anggaran pada Kanwil Kemenag Maluku dan Malut.
Hal tesebut bahwa saat ini Maluku berada pada urutan ke 28 dari 34 provinsi dengan persentase 36.63 .
Dimana periode 17 juni 2019 realisasi nasional dengan realisasi tertinggih di raih oleh haji Kemenag Maluku tengah dengan persentase 82.78% dan realisasi terendah di raih oleh bimas Kristen Kanwil Kemenag Maluku dengan persentase 8.93%.

Untuk itu setiap peserta diharapkan dapat mengikuti diklat dengan sungguh-sungguh agar sekembalinya di satuan kerja masing-masing dapat mengimplementasiskan apa yang diterima selama mengikuti diklat.

Reporter :Rohim

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

Kemenag Maluku Gelar Bimtek Simponi

AMBON,N25NEWS.com –  Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Maluku melalui Bidang Bimais Islam melaksanakan Bimtek …