Home / Pendidikan / Belum UNBK Sekot Minta Pakai Konsep Sekolah Mitra

Belum UNBK Sekot Minta Pakai Konsep Sekolah Mitra

AMBON,N25NEWS.com – Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)/MTS  secara serentak di laksanakan pada (23/04) di seluruh Indonesia baik itu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun pencil dan kertas (UNPK).

Lewat Kementerian Pendidikan di harapkan tahun 2019/2020 seluruh sekolah di Indonesia sudah melaksanakan Ujian Nasional berbasis Komputer.

Hal ini,bagi sebagian sekolah yang ada di kota Ambon masih memberatkan,permasalahan beragam mulai dari permasalahan jaringan Internet sampai pada masalah peralatan komputer.

Dari 12 sekolah yang mengikuti Ujian Nasional berbasis Komputer tahun ini (2018) baru 2 sekolah negeri yang mengikuti UNBK.

Melihat itu semua Sekretaris Kota Ambon A.G.Latuheru mengatakan bahwa Pemerintah Kota Ambon lewat Dinas Pendidikan selalu mendorong agar sekolah-sekolah yang ada di kota Ambon untuk UN segera beralih menggunakan Komputer.

Kenapa hal ini harus segera di terapkan di Kota Ambon karena Kata Latuheru,selain mem­permudah proses pemeriksaan hasil ujian,juga memperkecil kemungkinan terjadinya kecurangan, baik itu kebocoran soal maupun peluang anak-anak dibantu oleh para guru dalam mengerjakan soal-soal ujian.

“Sehingga kedepan saya harapkan sekolah –sekolah yan belum melaksanakan UNBK agar bisa mencari sekolah-sekolah mitra dimana SMA maupun SMK yang sudah duluan melaksanakan UNBK,bisa di manafaatkan fasilitas komputernya,”kata A.G.Latuheru Sekot Ambon ddi selah-selah UNBK SMPN 3 Ambon (23/04).

Dengan konsep sekolah Mitra ini sebagian permasalahan sekolah –sekolah yang belum UNBK bisa teratasi,dengan terlaksana hal ini maka akan berdampak kepada mutu pendidikan di Kota Ambon,sehingga serapan lulusan  baik itu melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi maupun dunia kerja semakin banyak.

“Saya berharap target Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan untuk tahun 2019/2020  seluruh sekokah di Maluku terkhususnya sekolah di Kota Ambon akan terlaksana dengan baik,”pungkas Sekretaris Kota Ambon pada awak media.

 

About admin

Check Also

Satgas TMMD Ke-103 Beri Penyuluhan Tentang Rekrutmen TNI-AD

AMBON,N25NEWS.COM – Dalam rangka kegiatan non fisik Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) …