Breaking News

Berbasis Komputer, SMK 7 Lakasanakan UASBN

Hari pertama pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) sekolah kejuruan, khusus pelaksanaan di SMK Negeri Ambon berbasis komputer

AMBON,N25NEWS.COM – Hari pertama pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) sekolah kejuruan, khusus pelaksanaan di SMK Negeri Ambon berbasis komputer.

Hari pertama UASBN dengan mata pelajaran (mapel) agama dan bahasa Indonesia ditandai dengan penekanan tombol power dan passport oleh Kakamenag Kota Ambon yang berlangsung diruang komputer SMK Negeri 7 Ambon, Rabu(20/2/2019).

Pelaksanaan UASBN yang diikuti siswa kelas XII sebanyak 149 siswa/siswi, berlangsung secara dua sesi dengan menggunakan tiga ruang komputer.
Kepada awak media Kepsek SMK Negeri 7 Ambon Saiful M.Mpd mengatakan, awal pelaksanaan UASBN secara serentak SMK seMaluku dimulai dari tanggal 20-27 Februari, bahkan ada juga sampai tanggal 28 tergantung mata pelajaran di masing-masing SMK.
Untuk hari pertama kata Saiful, mata pelajaran yang di UASBN, mapel pendidikan agama dan bahasa Indonesia.

“Artinya hari pertama, khusus SMK Negeri 7 kita laksanakan dua sesi dan setiap sesi dua mata pelajaran dan sesi pertama baru saja selesai,”jelas Saiful.
Setelah itu nantinya akan dilanjutkan dengan sesi kedua dengan dua mata pelajaran yang sama.

Dikatakan dari sisi pelaksanaan UASBN berbasis komputer, SMK Negeri 7 Ambon melaksanaan secara offline dari seluruh SMK yang ada di Kota Ambon, meskipun ada SMK lain lanjut Saiful berdasarkan hasil rapat terakhir belum ada penjelasan soal keterlibatan SMK lain yang menggunakan komputer secara offline.

Baca juga :   Usai 17 Agustus 2019, SUPM Waiheru Gelar Pandu Laut Indonesia

Ia mengakui, kalau secara teknis pelaksanaan tentu banyak memiliki keuntungan seperti, hemat biaya, waktu, pengunaan ruang, hemat prasarana, pengawasan berkurang dan hemat dalam segi pemeriksaan soal-soal UASBN.

“Dengan sistim komputer ini tentu, seluruh jawaban atau hasil tinggal aja di print out, setelah siswa menyelesaikan ujian, itu siswa langsung dapat mengetahui hasil nilainya, berapa yang benar dan berapa yang salah,”ujarnya.
Sehingga pelaksanaan UASBN sangat bermanfaat bagi guru mapel yang tidak lagi mengurangi beban untuk melakukan koreksi atas jawaban dari soal yang diujiankan dari.40 soal pilihan dan lima soal esai.

Khusus pelaksanaan UASBN di SMK Negeri 7 Ambon terdapat dua pelaksanaan UASBN meliputi ujian praktek yang sudah dilaksanakan dan teori yang sementara dalam pelaksanaan.

“Tahun sebelumnya pembukaannya dengan cara pengguntingan sampul, tahun ini beda lagi, tapi hanya ditandai dengan penekanan tombol ON dan pengisian pasport, sehingga yang hadir untuk pembukaan itu.dilakukan langsung oleh Kakamenag Kota Ambon sebagai tanda kehormatan saja,”jelas Saiful.

Penulis    : Gali M

Editor      : Redaksi

About admin

Check Also

Program Tuntas Memcapai Target Di SMP Negeri 6 Ambon Resmi Di Jalankan

AMBON,N25NEWS.COM – Berbagai program yang telah dirancangkan oleh kepala sekolah beserta dewan Guru SMP Negeri …