Berdasarkan Rapid Test Warga Kota Ambon Positif  Terinfeksi Virus Corona

AMBON,N25NEWS.com  – Berdasarkan hasil Rapid Test warga  Kota Ambon dinyatakan positif  terinfeksi  virus corona atau Covid-19.

Hal ini di sampaikan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang di Kantor Gubernur Maluku sabtu 4 Maret 2020.

Menurut Kasrul warga yang positif virus corona itu warga  Ambon dan berdomisili di Kota Ambon berkelamin perempuan berumur di atas 70 tahun.

“Dia melakukan perjalanan PP ,dari Makassar 14 Maret lalu,memang awalnya oma tersebut tidak menunjukan gejalah corona yaitu demam batuk kering dan sesak napas tetapi hanya merasa lemas-lemas kemudian ke dokter paru-paru (dokter pratek) tiga hari kemudian kembali ke dokter dengan keluhan yang sama dan kemudian di lakukan Repid Test,dari hasil tes  tersebut warga Kota Ambon itu dinyatakan positif terinfeksi virus Corona,”ujar Kasrul Selang.

Hal yang sama juga di sampaikan Kadis Kesehatan Provinsi Maluku Meyke Pontoh memang dari hasil Rapid Test,Dia sudah terpapar virus tersebut akan tetapi tingkat keakuratan dari Repid Test  ini memamg tidak seperti PCR karena tingkat  keakuratan Rapid Test sekitar 80 persen bisa positif palsu bisa juga negatif palsu.

Baca juga :   RSUP dr.J.Leimena Sediakan 200 Tempat Tidur Bagi Pasien Covid-19

“Makanya harus di perkuat dengan PCR karena tingkat keakuratannya mencapai 92 persen lebih, sehingga kita belum bisa menyampaikan kalau dia ini positif atau tidak kita tunggu pemeriksaan sample di Labkes DKI,”tandas Pontoh.

Jadi pasien belum terkonfermasi kita harus menunggu hasil test PCR dari labkes DKI dan saat ini pasien sudah di isolasi di RST Latumeten (RS Tentara).

Namun kata Pontoh pihak keluarga pasien tersebut sudah di lakukan tracking oleh puskesmas,jadi kita tunggu hasil test PCR labkes DKI Jakarta.(**)

 

 

 

Check Also

Di Hari Lebaran Para Medis Covid-19 Mendapat Kunjungan Dari Gubernur Maluku

AMBON,N25NEWS.com-Usai Melaksanakan shalat led di kediamannya,Gubernur Maluku,Murad Ismail didampingi istrinya Widya Murad Pratiwi,serta Ketua Harian …