Berproses Cukup Lama Bendungan Wae Apu Resmi Dikerjakan

AMBON,N25NEWS.COM – Setelah berproses cukup lama,akhirnya bendungan Wae Apu di Kabupaten Buru resmi mulai dikerjakan.Pembangunan bendungan yang menelan anggaran Rp.2,223 triliun ini ditandai dengan pencanagan pembangunan yang dilakukan oleh Gubernur Maluku,Said Assagaff dan Direktur Jenderal Sumber Daya Air,Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hari Suprayogi.

“Pada hari senin 11 Februari 2019 saya sudah menandatangani prasasti pembangunan bendungan Wae Apu,yang menelan anggaran lebih dari Rp.2 triliun,”kata Assagaff kepada awak media di Kantor Gubernur,kamis (13/02/2019).

Dijelaskan bahwa,dari 10 program proritas yang ditetapkan Presiden Joko Widodo,Bendungan Wae Apu yang pertama dikerjakan,”Dirinya berharap,dengan dimulai pekerjaan bendungan Wae Apu,akan disusul dengan pekerjaan proritas lainnya,salah satunya pembangunan pelabuhan konteiner,yang ada di desa Waai,Kabupaten Maluku Tengah dan juga rencana pembangunan bandara untuk pariwisata di Banda serta Fly Over di Kota Ambon.

“Untuk rencana pembangunan pelabuhan konteiner,desain dan Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) sudah mulai dilaksanakan,mudah-mudahan kedepan pembangunannya sudah bisa dilaksanakan,”ucapnya.

Untuk diketahui,Bendungan Wae Apu terdiri dari 3 paket dengan total Rp.2,223 triliun terdiri dari pembangunan fisik meliputi paket 1 dengan kontraktor PT.Pembangunan Perumahan-PT Adhi Karya (KSO) senilai Rp.1,609 triliun,paket 2 dengan kontraktor PT Hutama Karya-PT Jasa Kontruksi (KSO)senilai Rp.1,103 triliun dan kontrak paket supervise senilai Rp.74 milyar dengan PT.Indar Karya.

“Dengan demikian bendungan Wae Apu dilaksanakan melalui paket multi years contract hingga tahun 2022,bendungan tersebut akan memiliki volume tampung 50 juta meter kubik yang akan mengairi lahan irigasi seluas 10.000 ha,untuk air baku 250 m/detik dan listrik sebesar 8 megawatt,”tandasnya

Penulis : Aris Wuarbanaran

Editor   : Redaksi

About admin

Check Also

  Pangdam Pattimura Sambut Kedatangan RI 3

AMBON,N25NEWS.COM – Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq didampingi Istri Ny. Nida Marga Taufiq menyambut …