Home / Ekonomi / BI Proyeksikan Ratusan Milyar Untuk Kebutuhan Tunai Lebaran

BI Proyeksikan Ratusan Milyar Untuk Kebutuhan Tunai Lebaran

“Mengantisipasi kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri Tahun 1439 H/2018, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku mengoptimalkan distribusi persediaan uang tunai di Provinsi Maluku dengan memproyeksikan ratusan Milyar ke masyarakat dalam hal ini kebutuhan uang layak edar”

AMBON,N25NEWS.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku (KPw. BI Maluku) memproyeksikan kebutuhan uang (outflow) periode Ramadan dan Idul Fitri 2018 sebesar Rp 880 Milyar atau meningkat sebesar Rp 180 Milyar dari realisasi outflow pdenominasi adan dan Idul Fitri tahun sebelumnya.

Guna mengantisipasi kebutuhan tersebut, KPw.BI Maluku mempersiapkan uang tunai dengan jumlah yang mencukupi, baik dari sisi nominal maupun denominasi, Ucap Kepala KPw.BI Maluku, Bambang Pramasudi, Rabu (23/05/18).

Diakuinya, KPw.BI Maluku telah mempersiapkan kecukupan uang tunai, dengan  mengoptimalkan distribusi dan persediaan uang tunai di kota Ambon maupun luar Kota Ambon.

Sama halnya siklus tahunan, selama periode Ramadan menjelang Idul Fitri umumnya terjadi peningkatan kebutuhan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat, tambahnya di kota Ambon.

Dijabarkannya, KPw.BI Maluku telah mempersiapkan sejumlah kebutuhan uang layak edar sebesar Rp 1,78 Triliun yang terdiri dari uang pecahan  besar/UPB yakni pecahan Rp 100.000,- dan Rp 50.000,- sedangkan untuk uang pecahan kecil / UPK yakni pecahan Rp 20.000,- hingga ke bawah di siapkan sebesar Rp 55 Milyar.

“Dengan demikian persediaan uang ini di nilai sangat mencukupi dalam memenuhi proyeksi kebutuhan uang periode Ramadhan dan Lebaran 1439 H/2018 M baik dari sisi jumlah total maupun jumlah per pecahan,” tutup Pramasudi.

About admin

Check Also

Penghargaan Bank Indonesia Award Diterima oleh 13 Mitra

AMBON,N25NEWS.COM  – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI)  Provinsi Maluku, Bambang Pramasudi secara resmi menyarahkan …