Breaking News

Bin Taher : 80 Persen Pajak Penyumbang Terbesar APBN

AMBON,N25NEWS.COM-Pajak merupakan iuran wajib setiap warga Negara yang mana telah memenuhi syarat sebagai wajib pajak.Pajak yang dipungut pemerintah digunakan untk membiayai pengeluaran Negara melalui APBN,meskipun tidak semua sumber pengeluaran Negara berasal dari pajak,akan tetapi pajak penyumbang terbesar untuk APBN (80 persen).

Hal tersebut disampaikan Plh Gubernur Maluku,Hamin Bin Taher pada Acara Event Tahunan Direktorat Jenderal Pajak”Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun 2019,yang berlangsung di Kantor Direktorat Pajak Maluku,selasa (19/3/2019).

Lebih lanjut Bin Taher mengatakan,”APBN merupakan anggaran yang dirancang pemerintah selama 1 tahun yang berisi tentang rencana pendapatan dan belanja pemerintah,kemudian diajukan ke DPR untuk disetujui dengan pemerintah pusat,kemudian pajak tersebut digunkan untuk berbagai pembiayaan Negara seperti belanja pegawai dan pembiyaan proyek pembangunan,”kata Bin Taher.

Sementara itu ditahun 2019 ini Provinsi Maluku dan Kabupaten/Kota,dipercaya untuk mengelola dana dari pemerintah pusat sebesar lebih dari 20 T,denagan rincian Dana Alokasi Umum (DAU) Rp.8,1 T,Dana Desa sebesar Rp.1,12 T,dan dana transfer daerah sebesar Rp.11,83 T.Hal ini tentu saja tidak lepas dari peran seluruh masyarakat dan pengusaha yang telah bersedia membayar pajak.

Adapun dalam rangka untuk meningkatkan penerimaan Negara di sektor perpajakan maka sangat diperlukan sinergi yang baik anatara instansi,lembaga dan pihak-pihak lainnya.Kesergian ini maka diharapkan para wajib pajak dapat memperbaiki setoran maupun pelaporan pajaknya yang masih belum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami akan selalu mendorong para wajib pajak untuk terus berkontribusi sesuai dengan porsi masing-masing,guna meningkatkan penerimaan pajak di Provinsi Maluku,”jelas Bin Taher.

Semakin tinggi pajak yang disetor oleh wajib pajak maka semakin tinggi pula perhatian pemerintah dalam mendistribusikan anggaran transfer daerahnya,”Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini,”tandas Bin Taher.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

 

 

About admin

Check Also

Far-Far,Permasalahan Pertanahan Di Maluku Cenderung Menimbulkan Konflik Kepentingan

AMBON,N25NEWS.COM-Permasalahan pertanahan dalam masyarakat sering dan cenderung terjadi dimana hal tersebut telah menimbulkan konflik kepentingan …