BKKBN Maluku Gelar Kegiatan Peningkatan Dan Kompetensi Teknis Pengelola Data Informasi

AMBON,N25NEWS.COM-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Perwakilan Provinsi Maluku menggelar Kegiatan Peningkatan dan Kompetensi Teknis Pengelola Data dan Informasi,tingkat Provinsi Maluku tahun 2019,yang berlangsung di Ruang Belajar Balai Pelatihan Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku,senin (29/7/2019).

Kepala BKKBN Provinsi Maluku,Renta Rego dalam sambutannya mengatakan,BKKBN akan menerapkan sistem informasi yang lebih kekinian dan akuntabel.

“Kita punya Sistem Informasi Keluarga (SIGA) dimana akan menjadi data operasional bagi petugas KB dan pihak terkait dalam melakukan intervensi terhadap program pemberdayaan keluarga,”kata Rego.

Jelasnya,demi membangun sistem data dan informasi yang mumpuni,maka akan dilakukan sinkronisasi Basis Data Keluarga Indonesia (BDKI) dengan sistem informasi kependudukan dan selain itu akan dilakukan juga integrasi data statistik rutin KKPBK dan menjaga rahasia individu.

“Selain data dan informasi keluarga tersebut kita juga dapat gunakan untuk melakukan analisis sederhana agar muda dipahami sehingga kita dapat menentukan sasaran intervensi sesuai dengan kebutuhan dan keadaan wilayah masing-masing petugas dan pengelola program KKBPK di tingkat lini lapangan,”jelasnya.

Sementara itu,optimalisasi pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dalam hal ini diarahkan kepada suatu kondisi yang dapat diaplikasikan pada pengelolaan dan penyajian data.
Oleh karena itu,diperlukan komitmen para penentu kebijakan di setiap tingkatan wilayah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten,serta dukungan dana dan sasaran yang memadahi,serta lingkungan yang kondusif untuk mendukung2pelaksanaannya.

“Untuk itu,kami mengharapkan melalui kegiatan ini dapat memfasilitasi dan memberikan bekal kepada para petugas pelaksana dan pengelola pencatatan dan pelaporan program BKKBN disetiap wilayah sesuai dengan kewenangannya,”tandasnya.

Reporter : Aris Wuarbanaran
Editor Redaksi

Check Also

Jokowi Tegaskan Vaksinasi Akan Dimulai Pekan Depan,Maluku Siap Melakukan Vaksin Di 11 Kabupaten/Kota

AMBON,N25NEWS.com-Presiden Joko Widodo menegaskan program vaksinasi COVID-19 akan dimulai pemerintah pada pekan depan.Karena itu,Presiden Jokowi …