BKKBN Maluku Laksanakan Kegiatan Desiminasi Kebijakan Pengendalian  Penduduk Dan Pencanangan Rumah Data Kependudukan Di Kota Tual

TUAL,N25NEWS.com – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Maluku melaksanakan Kegiatan Desiminasi Kebijakan Pengendalian Penduduk dan Pembangunan Berwawasan Kependudukan dan Penguatan Pengembangan Rumah Data Kependudukan di Kota Tual yang dibuka secara Resmi oleh Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku sekaligus Pencanangan Rumah Data Kependudukan di Kampung KB Dusun Mangon Kota Tual. rabu(25/9/2019).

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten III Setda Kota Tual mewakili Walikota Tual, Jajaran Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tual, Kepala Kecamatan Pulau Dullah Selatan, Kepala Desa, Kepala Dusun dan Lurah di Kecamatan Pulau Dullah Selatan.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Dra.Renta Rego mengatakan bahwa kita melakukan kegiatan Desiminasi Kebijakan Pengendalian Penduduk dan Pembangunan Berwawasan Kependudukan dan Penguatan Pengembangan Rumah Data Kependudukan serta Pencanangan Rumah Data Kependudukan di Kampung KB, yang mana tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat tentang pentingnya kebijakan untuk mengendalikan kuantitas penduduk sekaligus meningkatkan kualitas penduduk di kampung KB ini, sekaligus memfasilitasi rumah data kependudukan untuk dapat dimanfaatkan lebih maksimal melalui penyediaan data dan informasi yang lebih akurat.

Selain itu kata Rego,Kampung KB adalah program pemerintah yang diharapkan memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ditingkat Desa. Sebagai kampung KB, desa ini juga berpeluang tumbuh dan berkembang, sehingga memberikan dampak baik untuk kesejahteraan masyarakat. Sebagai Kampung KB yang didalamnya terbentuk Rumah Data Kependudukan tentu akan ada intervensi Program dan kegiatan pemerintah yang dipusatkan di desa ini yang berdasarkan Data Kependudukan, sehingga intervensi yang diberikan tepat pada sasaran. Melalui kebijakan kependudukan yang tepat, maka pembangunan didaerah lebih terarah dan tepat sasaran, sehingga memberikan dampak positif dalam pembangunan kedepan, dan dengan adanya rumah data kependudukan di Kampung KB, maka kebutuhan akan data dan informasi dapat dipenuhi.

Diapun berharap rumah data kependudukan yang telah dibentuk, harus dapat dimanfaatkan oleh siapapun tanpa harus dibatasi, sehingga fungsi rumah data sebagai pusat data dan informasi, pusat intervensi dan integrasi kegiatan di desa dapat berjalan dengan baik.

Walikota Tual yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten III Setda Kota Tual bidang Administrasi dan Umum  Samsudin Tamher mengatakan Pemerintah Kota Tual berterima kasih dan apresiasi kepada Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku dan Dinas P3AP2KB Kota Tual atas dilaksanakannya kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat kota tual, terkhusus Kampung KB Dusun Mangon.

Terlihat Perhatian Walikota Tual terhadap Program Kampung KB sangat baik, karena manfaat dari Kampung KB yang telah dibentuk bukan saja Program KB yang dilaksanakan di Kampung KB tersebut, tetapi Intervensi Program dari berbagai Dinas Instansi pemerintah secara bersama-sama dilaksanakan di Kampung KB tersebut.

Kepala Dusun Mangon Kecamatan Pulau Dullah Selatan, M. Amir Tamnge menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan di Dusun Mangon. Sejak dicanangkan Kampung KB tahun 2017, terlihat perkembangannya, yang mana telah terbentuk Kader-kader pembantu Program KKBPK di tingkat dusun, Kelompok-kelompok Usaha Peningkatan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, juga telah dibentuk Rumah Data Kependudukan dan juga berbagai kegiatan yang dianggarkan melalui Anggaran Dana Desa.

Editor : Redaksi

Sumber : Humas BKKBN Maluku

Check Also

Buka Kegiatan Advokasi Program KKBPK,Plt Kepala BKKBN Perwakilan Maluku Minta IBI Se-Maluku,LSM,TNI Dan Jurnalis Perbanyak Dan Tingkatkan Advokasi Program KKBPK

AMBON,N25NEWS.COM-Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Dra.Renta Rego mengharapkan semua pihak termasuk IBI Se-Provinsi Maluku,LSM,TNI …

×

N25NEWS.com