Breaking News

BKKBN Perwakilan Maluku Mengelar Kegiatan Pencatatan Dan Pelaporan Bagi Penyuluh KKBPK Se-Provinsi Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – BKKBN Perwakilan Maluku mengelar kegiatan pencatatan dan pelaporan bagi penyuluh KKBPK  se-provinsi Maluku di ruang pertemuan kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku selasa (05/03/2019).

Dalam sambutannya Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Dra. Renta Rego yang di bacakan oleh Kabid Latbang Abdul Samad Ohorella, SE,menyambut gembira kegiatan pelatihan ini sebagai upaya untuk meningkatkan peran penyuluh KKBPK dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki pengetahuan yang memadai, khususnya Sistim Informasi Manajemen (SIM) .

Selain itu katanya,Sesungguhnya kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menunjang tersedianya data dan informasi Program dan Kependudukan,KB dan Pembangunan Keluarga yang telah dilakukan melalui pelaksanaan Sistim Informasi Manajemen yang salah satu diantaranya “ Sub Sistim Pencatatan dan Pelaporan”.

“Hal ini di lakukan guna memonitor keseluruhan rangkaian kegiatan dan hasil kegiatan program KKBPK secara berkelanjutan,”tandasnya.

Salah satu alat yang perlu dikuasai kata Ohorella,adalah pemakaian tools (Alat) untuk analisis berbagai program sesuai perkembangan kemajuan teknologi informasi, sehingga data dan informasi program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga secara cepat, tepat dan akurat.

“Pengembangan sub sistim Pencatatan dan Pelaporan ini dapat di aplikasikan dengan menggunakan perangkat dan tata cara teknologi modern. Oleh karena itu diperlukan pula peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan kompeten. Sehingga mampu mengelola data yang betul betul akurat dan akuntabel,”kata Kabid Latbang ini.

Dia berharap untuk Sub Sistim Pencatatan dan Pelaporan atau yang merupakan Data Statistik BKKBN, dimanfaatkan dan difungsikan sebagai data mikro terutama bagi pembuat kebijakan dan pengelola program.

“Untuk itu melalui kesempatan ini kami sampaikan kepada KKBPK sebagai tenaga terdepan, mampu mempelajari dan mendalami berbagai sumber data yang ada, sebagai bahan kajian dan informasi maupun menjadi ukuran dalam rangka meningkatkan sistim informasi manajemen (SIM) Program KKBPK serta berkaitan dengan penyediaan informasi dan data keluarga untuk mendukung operasional dan manajemen Program KKBPK, sehingga diharapkan dapat menyediakan data dan informasi yang berkualitas, akurat, tepat waktu dan dapat dipercaya serta memberikan gambaran yang tepat dan menyeluruh tentang keadaan lapangan,”harapnya.

Kedepan kata Ohorella, penyuluh KKBPK harus memiliki motivasi kerja yang tinggi serta bertanggung jawab. Motivasi kerja ditandai dengan kerja berinisiatif, inovatif dan kreatif. Keberhasilan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga sangat ditentukan oleh para PLKB/PKB yang berkualitas di semua tingkatan, sehingga dalam upaya meningkatkan akses dan kualitas  informasi program KKBPK di daerah perlu pengembangan kapasitas tenaga program khususnya Penyuluhan KB melalui proses pelatihan.

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

Dari Workshop Pemantapan Manajemen Kinerja dan Evaluasi DAK Subbidang KB Wagub Minta BKKBN Perbanyak Pendampingan

AMBON,N25NEWS.COM -Workshop yang berlangsung sehari di lantai V Hotel Cantika,Selasa(18/6) dengan agenda pemantapan manajemen kinerja …