Plt. Kepala BKKBN Provinsi Maluku Dra. Renta Rego

BKKBN Provinsi Maluku Gelar Kegiatan Pre Service Training

AMBON,N25NEWS.com-Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku melaksanakan Kegiatan Pre Service Training yang di buka langsung oleh Plt. Kepala BKKBN Provinsi Maluku  Dra. Renta Rego di ruang belajar Balai Pelatihan dan Pengembangan Perwakilan BKKBN Provinsi  Maluku,di kawasan desa Passo Kecamatan Baguala Ambon,jumat (29/11/2019).

Menurut Rego,kesepakatan pembangunan dunia yang baru,pengganti MDG’s yaitu melalui Sustainable Development Goals (SDG’s) yang berlaku 2015-2030 yang mana harapannya dapat diperlukan provider yang terlatih dan terampil dalam melakukan pelayanan KB.

Lebih lanjut Rego mengatakan,pemilihan kontrasepsi  ditawarkan oleh petugas melalui konseling kepada Pasangan Usia Subur (PUS) untuk memilih cara cara kontrasepsi yang sesuai atau cocok bagi calon peserta/akseptor,dimana sampai saat ini terdapat sekitar 19,9 persen di provinsi Maluku yang belum tersentu KB.

“Kondisi potret program KB yang saya sampaikan tadi sesungguhnya tidak terlepas dari kendala yang dihadapi provinsi Maluku yakni letak geografis dimana provinsi Maluku terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil yang dihubungkan dengan laut yang membuat kesulitan dalam akses pelayanan KB,”ungkap Rego.

Salah satu terobosan yang dilakukan oleh BKKBN dalam menyukseskan Program KKBPK serta mewujudkan pelayanan KB yang berkualitas melalui pengembangan pelatihan ketrampilan klinik Keluarga Berencana yaitu Program Pre Service.

Adapun,program Pre Service tersebut dilakukan dengan cara memberikan pelajaran/pelatihan CTU (Pre Service Training) para lembaga pendidikan khususnya bagi Mahasiswa yang akan lulus fakultas kedokteran.

Baca juga :   Proyek Drainase Di Kelurahan Kudamati Dikerjakan Asal- Asalan

Dengan harapan dapat tersediannya tenaga provider yang kompeten dan terdapat keseragaman kompetensi yang dimiliki oleh setiap provider dalam pemberian pelayanan KB di setiap fasilitasi kesehatan untuk mendukung tercapainya hasil pelayanan KB yang maksimal dan berkualitas.

“Untuk itu,saya ucapkan terima kasih kepada Dekan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon dan Tim P2KS atas bantuan dan kerjasamanya sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan kiranya kegiatan ini dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat Maluku,”tandas Rego.

Sementara itu,pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Pre Service Training,Rosana Tuharea,mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk mengembangkan pelatihan ketrampilan klinik Keluarga Berencana melalui pembelajaran/pelatihan CTU bagi lembaga pendidikan di Fakultas Kedokteran.

Adapun sasara dari pada kegiatan ini adalah Peserta dari kegiatan ini yaitu Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon yang saat ini sedang menjalankan proses Co as sebanyak 21 orang.

Untuk diketahui,pelaksanaan kegiatan Pre Service Training tahun 2019 ini,bagi mahasiswa kedokteran ini,berasal dari dukungan dana APBN DIPA Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku tahun 2019.

Editor   : Aris W

 

 

 

 

Check Also

Kunjungi Banda,Ibrahim Ruhunussa Tegaskan Kalau Di Berih Amanah,Dirinya Akan Bangun Banda Lewat Pariwisata

Banda,N25NEWS.com – Anggota DPRD Kabupaten MALTENG Ibrahim Ruhunussa berkunjung  ke Banda dan menyapa masyarakat di …