Home / Pendidikan / BLU Akan Di Terapkan,Mahasiswa Unpatti Demo

BLU Akan Di Terapkan,Mahasiswa Unpatti Demo

AMBON,N25NEWS.COM – Aksi mahasiswa yang tergabung dalam Badan Mahasiswa Pattimura Ambon, menggelar aksi demonstrasi di depan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menuntut Badan Layanan Umum (BLU) tidak diterapkan didalam kampus ini. Aksi ini dilakukan secara damai dengan diikuti oleh seluruh mahasiswa dari fakultas-fakultas lain.

Kepada N25NEWS.COM,Kordinator Aksi, Rheno Latuconsina, menyebutkan, aksi ini dilakukan agar para petinggi kampus tidak menjadikan kampus sebagai lahan mencari pundi uang.

“Karena pada penerapannya, Badan Layanan Umum (BLU) di kampus tidak sesuai dengan indikator untuk keluar dari satuan kerja Kemenristekdikti.Untuk suatu Universitas beralih status menjadi badan layanan umum adalah harus mempunyai jenis usaha tetap dan sampai saat ini,Universitas Pattimura tidak mempunyai jenis usaha tetap untuk menyuplai anggaran membangun kampus bersaudara ini,” ucapnya saat aksi berlangsung di Unpatti, Senin, (16/10/2018).

Ketakutan kami hanya satu, kata dia, ketika kampus ini menerapkan BLU, maka kampus yang didirikan oleh uang dari orang-orang miskin ini akan dinikmati oleh para petinggi universitas untuk kepentingannya. Sehingga untuk lima hingga tujuh tahun kedepan, para generasi baru tidak akan menikmati berkuliah di kampus orang bersaudara secara bebas.

“Hal ini, kami tegaskan kepada para petinggi kampus untuk mengkaji matang terhadap penerapan BLU ini.BLU merupakan langkah incistitusional yang diambil oleh pihak universitas.Ini dikarenakan pada tahun 2010 Mahkamah Konstitusional menolak undang-undang Badan Pendidikan Hukum (BPH),” ujarnya.

Lanjut,kata dia,sedangkan BPH ini merupakan perpanjangan tangan dari Badan Layanan Umum (BLU), jadi kenapa harus ada BLU ini dikampus?

“Aksi ini akan kami lakukan sampai para petinggi kampus mendengar jeritan hati kami agar dapat meninjau secara matang penerapan BLU.Bisa seminggu atau sebulan,sampai aksi kami ini didengar,” ungkapnya.

Dan, aksi ini, kami tidak memerlukan izin karena kami melakukan di dalam kampus sendiri. Kecuali di luar kampus, baru kami meminta izin. Karena didalam kampus, segala aspirasi mahasiswa harus disalurkan dengan baik tanpa adanya sikap anarkis.

Oleh :Nardo

About admin

Check Also

Satgas TMMD Ke-103 Beri Penyuluhan Tentang Rekrutmen TNI-AD

AMBON,N25NEWS.COM – Dalam rangka kegiatan non fisik Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) …