Home / Kesehatan / BNN Gandeng Pemerintah Desa Cegah Narkoba Masuk Desa
Kepala BNN Pusat Komjen Heru Winarko

BNN Gandeng Pemerintah Desa Cegah Narkoba Masuk Desa

AMBON,N25NEWS.COM-Pemberantasan narkoba terus digalakan pemerintah.Untuk menangkal masuknya narkoba ke desa-desa,maka Badan Narkotika Nasional (BNN) menggandeng Pemerintah Desa (Pemdes) untuk siap bekerja sama dan sepakat untuk memberantas narkoba di desa dengan Gerakan Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar).

“Yang jelas desa menjadi basis,desa harus bersih dari narkoba supaya program pemerintah untuk memberdayakan desa dapat tercapai dan nanti kita bikin gerakan bersih narkoba dan kita bina desanya sebagai langkah pencegahan dan pemberantasan,”kata Kepala BNN Pusat Komjen Heru Winarko di lantai VII Kantor Gubernur Maluku,rabu (10/10/2018).

Lanjut Winarko bahwa Semua Kementerian,Lembaga,Pemerintah Daerah baik itu Provinsi dan Kabupaten/Kota yang di dalam ada Dinas-Dinasnya melaksanakan Impres no 66 tahun 2018,yang termasuk pada pengadaan tes urin,lalu untuk promosi-promosi jabatan,mutasi,kenaikan pangkat itu harus tes urin,jadi itu harus benar-benar semuanya bersih dari narkoba.

“Untuk preperensi (jumlah pengguna dibanding jumlah penduduk) secara nasional tahun 2018 preprensinya itu 2,14 tetapi sekarang mengalami penurunan 1,77.Sedangkan di Maluku termasuk yang tertinggi dengan 2,3,ini yang menjadi perhatian kita bagaimana pengguna-pengguna ini bisa kita metigasi (kurangi) dengan Maluku harus mempunyai tempat rehabilitasi sendiri,”jelas Winarko.

Tambahnya lagi bahwa Pihak BNN telah menawarkan ke Dinas Kesehatan terutama di Puskesmas-puskesmas untuk bisa melakukan rehabilitasi awal agar supaya kita dapat memonitoring,mendata pecandu-pecandu yang ada di Maluku.Masuknya narkoba biasanya di wilayah barat,tetapi sekarang telah bergeser ke timur dengan masuknya narkoba dari Meksiko ke Australia,juga kemungkinan ke timur lewat Filipina.

“Ini daerah kepulauan kemungkinan mereka masuk lewat laut dan yang paling penting adalah pelabuhan-pelabuhan konvensional,makanya kita kumpul para Kepala Desa,Babinsa,Babinkamtipmas,Babindisir (Pembina pesisir) untuk kita kasih masukan tentang bahaya narkoba,mudah-mudahan mereka bisa memprotek bahaya narkoba di wilayahnya,”tandasnya.

Oleh : Aris Wuarbanaran

 

About admin

Check Also

Jelang Pesparani, Kemenag Dialog Intren Umat Katolik

AMBON,N25NEWS.COM – Menjelang persiapan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) 27 Oktober mendatang Bimas Katolik Kanwil …