Breaking News

BNNP Maluku Rilis Intensitas Program P4GN Sepanjang Tahun 2018

AMBON,N25NEWS.COM-Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku telah melakukan berbagai upaya dalam menjalankan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalagunaan serta Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Hal ini dikatakan Kepala BNN Provinsi Maluku,Drs.M.A.Purnomo pada acara press release akhir tahun 2018 di Kantor BNN Provinsi Maluku,jumat (28/12/2018).

Lebih lanjut Purnomo mengatakan,”Upaya dari pada program P4GN yaitu mulai dari kegiatan desiminasi informasi,advokasi,penindakan,rehabilitasi hingga pemeriksaan urine yang diadakan di lingkungan sekolah,Kampus,Instansi Pemerintah/Swasta dan lingkungan masyarakat,”kata Purnomo.

Sepanjang tahun 2018 BNNP Maluku telah mengungkap 14 kasus Narkotika dengan 17 tersangka yang merupakan jaringan nasional,dimana sebanyak 11 kasus telah P21.Berdasarkan seluruh kasus narkotika yang telah diungkap,BNN Provinsi Maluku telah menyita barang bukti sejumlah 5,82 gram Ganja dan 21,23 gram Shabu.

Guna menekan jumlah penyalahgunaan Narkotika maka BNN Provinsi Maluku gencar melakukan berbagai upaya untuk mengajak pecandu dan penyalahguna Narkotika melaporkan diri di Institut Penerima Wajib Lapor (IPWL) yang tersebar di seluruh Maluku.Data BNN tahun 2018 telah dilakukan rehabilitasi rawat jalan terhadap 39 penyalahguna narkotika serta Asesmen terhadap 127 tersangka.

“Kita juga telah melakukan berbagai kegiatan dibidang pencehagan dan pemberdayaan masyarakat melalui penyebaran informasi yang dilakukan melaui beberapa media seperti media cetak,media online,media diluar ruang serta televise dan radio,”jelas Purnomo.

Adapun pada media cetak di skala lokal terdapat 8 kali informasi P4GN yang terpublikasi dan media online 8 kali penerbitan dimana desiminasi informasi mnelalui pemanfaatan media luar ruang seperti pencetakan spanduk dan baliho.Sedangkan untuk televisi desiminasi informasinya sebanyak 4 kali dan radio 6 kali.

“Kita melakukan pemberdayaan untuk masyarakat berupa rapat kerja dalam rangka pemetaan kawasan narkoba yang mana Bimtek P4GN yaitu pelatihan life skill bagi masyarakat di kawasan rawan narkoba dalam angka sinergitas program pemberdayaan dengan steakholder pemerintah dan swasta serta melakukan pemeriksaan urine tahun 2018 terhadap 2.880 orang,”tandas Purnomo.

Penulis : Aris Wuarbanaran

 

About admin

Check Also

Gawat Gara-Gara Uang Jasa, Dokter RSU Piru Mogok Layani Pasien

PIRU,N25NEWS.COM – Sebanyak 6 tenaga Dokter Ahli dan 4 Dokter Umum yang bertugas di Rumah …