Home / Kota Ambon / BPBD Ambon Tambah Desa Tangguh rawan Bencana

BPBD Ambon Tambah Desa Tangguh rawan Bencana

AMBON,N25NEWS.COM – Akibat bencana alam di Kota Ambon membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon menambah desa tangguh bencana di tahun 2018.
Akui kepala BPBD Kota Ambon Demy Paays kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (08/03/18).
Dia mengatakan, untuk tahun 2018 pihaknya berencana menambahkelurahan Amantelu dan kelurahan Batu Meja sebagai desa tangguh bencana di Kota Ambon.
“Penambahan desa atau kelurahan tangguh bencana di Kota Ambon, agar warga desa atau kelurahan yang tinggal di wilayah tersebut, dapat melakukan antisipasi dini dan meminimalisir terjadinya kerugiaan saat bencana alam terjadi,” ungkapnya.
Dia menjelaskan,ada beberapa desa, negeri dan kelurahan yang rawan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor karena itu, BPBD Kota Ambon perlu melakukan berbagai upaya membantu masyarakat, agar mereka mampu menekan dampak bencana yang akan terjadi.
“Kita membentuk desa tangguh bencana, agar masyarakat yang ada yang tinggal di desa tangguh bencana harus memiliki tingkat kesiagaan tinggi dan bisa bertindak cepat pada saat menghadapi datangnya bencana,” terangnya.
Dia mengakui, awalnya BPBD Kota Ambon telah membentuk 11 desa tangguh bencana diantaranya, negeri nusaniwe, negeri kilang, kelurahan batu gajah, negeri laha, negeri hutumuri, negeri batu merah, negeri amahusu, negeri hative kecil dan desa galala.
“Dengan dibentuknya desa tangguh bencana, maka Pemerintah desa bersama masyarakat dapat memiliki kemampuan untuk menghadapi ancaman bencana yang dapat merugikan masyarakat,” katanya.
Dia meminta, masyarakat untuk tetap waspada dengan bencana yang terjadi dengan mencari tempat yang aman.
“Kita minta masyarakat waspada apabila tertjadi bencana dengan cara mengungsi mencari tempat yang aman,”tandasnya.

About admin

Check Also

Setahun, Ini Prestasi Yang Diraih Richard-Syarif Oleh : Amy Latuny

“Melalui capaian selama setahun kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Richard Louhenapessy -Syarif Hadler setidaknya …